sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 01 Jul 2020 19:36 WIB

Menpora Sepakat Enam Stadion Piala Dunia U-20 Usulan PSSI Direnovasi

Mercy Raya - detikSport
Zainudin Amali Menpora Zainudin Amali sepakat dengan 6 stadion Piala Dunia U-20 2021 pilihan PSSI. (Foto: detikcom/Mercy Raya)
Jakarta -

Menpora Zainudin Amali menyepakati enam stadion usulan PSSI untuk Piala Dunia U-20 2021 direnovasi. Langkah itu diambil sembari menunggu persetujuan FIFA.

Amali mengumumkan itu usai melakukan rapat internal terbatas yang dipimpin Presiden RI Joko Widodo, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, di Istana Negara, Rabu (1/7/2020).

Menurut Amali, ada beberapa keputusan yang diambil dalam rapat terbatas tersebut terkait persiapan Piala Dunia U-20 2021. Termasuk soal venue-venue yang akan digunakan.

"Tentang venue, tempat pertandingan, tadi dituturkan jika menunggu keputusan FIFA maka akan lama. Sementara Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR) butuh waktu baik pengerjaan maupun administrasi. Tender saja paling tidak butuh dua bulan, apalagi administrasi," kata Amali dalam jumpa persnya.

"Maka tadi diputuskan sambil menunggu FIFA, keputusan itu (venue) penting untuk segera diambil agar Kementerian PUPR menyiapkan persiapan administrasi maupun pengerjaan secara fisiknya," dia menjelaskan.

Sebelumnya, enam stadion sempat dimunculkan PSSI dan sudah diusulkan kepada Kementerian PUPR, klaim PSSI, yang akan direnovasi. Enam stadion itu ialah oleh Gelora Bung Karno Stadium, Jakarta, Gelora Sriwijaya Stadium, Palembang, Manahan Solo Stadium, Surakarta, Si Jalak Harupat Stadium, Bandung, Gelora Bung Tomo, Surabaya, dan I Wayan Dipta, Bali.

"Dari enam sebelumnya, empat stadion sudah pasti yaitu SUGBK, I Wayan Dipta, Gelora Bung Tomo, dan Manahan Solo, itu yang tak berubah. Tinggal yang dua (Gelora dan Jalak Harupat) ini sambil dikerjakan. Jadi, jika FIFA memutuskan lain baru akan disesuaikan," ujar menteri asal Gorontalo.

Di sisi lain, pemerintah pusat juga meminta PSSI untuk segera berkomunikasi dengan FIFA untuk memutuskan stadion tersebut. "Karena ini pekerjaan bukan sehari dua hari," tegas Amali.



Simak Video "PSSI Sebut 6 Stadion Piala Dunia U-20, di Mana Saja?"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com