sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 11 Jul 2020 13:33 WIB

Piala Dunia U-20 2021: 6 Stadion Sudah Oke, Tinggal Tunggu Surat FIFA

Mercy Raya - detikSport
Pemerintah Kabupaten Bandung terus berbenah usai Stadion Si Jalak Harupat resmi ditunjuk jadi salah satu venue perhelatan Piala Dunia U-20 di tahun 2021 nanti. Si Jalak Harupat, salah satu stadion yang disiapkan sebagai venue Piala Dunia U-20 2021. (Foto: Muhammad Iqbal)
Jakarta -

Enam stadion untuk Piala Dunia U-20 2021 diklaim takkan berubah menyusul hasil sidang kabinet dengan Presiden Joko Widodo. Indonesia hanya tinggal menunggu surat dari FIFA.

Enam venue telah ditunjuk PSSI untuk menggelar hajatan terbesar sejagat level usia muda. Keenam lokasi itu ialah Stadion Utama Gelora Bung Karno, Gelora Sriwijaya, Si Jalak Harupat, Manahan, Gelora Bung Tomo, dan I Wayan Dipta.

Adapun stadion Jalak Harupat dan Gelora Sriwijaya merupakan dua venue pengganti, Mandala Krida (Yogyakarta) dan Stadion Pakansari (Bogor) yang sebelumnya dilaporkan ke FIFA.

Menpora Zainudin Amali sebelumnya sempat mengatakan dari enam yang ditetapkan, empat stadion di antaranya sudah pasti. Tinggal dua venue yakni Gelora dan Jalak Harupat yang akan menunggu keputusan FIFA sambil merenovasi.

Dalam prosesnya, penetapan enam stadion Piala Dunia U-20 2021 itu diklaim takkan diutak-atik FIFA. Artinya, tak bakal ada perubahan.

"Kalau stadion tak ada masalah. Karena di arahan sidang kabinet dengan Presiden RI Joko Widodo sudah jelas soal enam stadion yang telah ditentukan tersebut. Jadi tinggal menunggu surat dari FIFA," kata Sekretaris Kemenpora Gatot S. Dewa Broto kepada detikSport, Sabtu (11/7/2020).

Wakil Ketua Umum PSSI Iwan Budianto menyatakan optimisme yang sama. "Sudah ditentukan enam stadion. Kami yakin tidak (diganti) karena kami komunikasi terus dengan FIFA," kata Iwan secara terpisah.

Berkaitan dengan menyetujui atau tidak, sebut Iwan yang juga ditunjuk sebagai Wakil Ketua Panitia Penyelenggara Piala Dunia U-20 2021 (INAFOC), tergantung dari kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah.

"Dalam situasi COVID-19 ini banyak sekali diberikan kemudahan oleh FIFA. Seperti yang disampaikan Bapak Menteri bahwa enam stadion itulah yang sudah diputuskan oleh Presiden. Di enam tempat itu ada aktivitas perbaikan, revitalisasi, dan itu kami sampaikan lewat Zoom," ujarnya.

"Nah, soal menyetujui atau tidak itu kesiapan kita. Sekarang yang ada aktivitas revitalisasi di enam stadion itu. Jadi ketika mereka (FIFA) datang, ya enam tempat ini yang paling siap," dia menambahkan.

FIFA rencananya akan datang ke Indonesia pada September mendatang untuk meninjau stadion yang jadi venue Piala Dunia U-20 2021.



Simak Video "PSSI Sebut 6 Stadion Piala Dunia U-20, di Mana Saja?"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com