sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 15 Jul 2020 15:20 WIB

Shopee Liga 1 2020 Lanjut, Suporter Juga Dilarang Nobar

Muhammad Robbani - detikSport
Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, atau biasa disapa Iwan Bule. Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, melarang suporter nobar saat Shopee Liga 1 2020 lanjut lagi. (Foto: detikcom/Mercy Raya)
Jakarta -

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mewanti-wanti suporter soal kelanjutan Shopee Liga 1 2020. Suporter diminta tak kumpul-kumpul termasuk nonton bareng (nobar).

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru sudah sepakat lanjutan Shopee Liga 1 2020 digelar tanpa penonton. Hal itu adalah upaya pencegahan agar sepakbola tak menjadi medium penyebaran virus Corona.

Meski begitu, suporter tetap dikhawatirkan bakal kumpul-kumpul saat tim kesayangannya sedang bertanding. Bukan tidak mungkin nobar akan menjadi alternatif suporter untuk menyaksikan pertandingan.

Mochamad Iriawan meminta suporter untuk saling menghormati apa yang telah menjadi keputusan demi kebaikan bersama. Ia meminta suporter untuk menyaksikan pertandingan di rumah saja.

"PSSI pada bulan Oktober nanti berencana akan kembali melanjutkan kompetisi Liga 1 dan 2 2020. Dengan situasi pandemi COVID-19 saat ini, kemungkinan besar kompetisi berjalan tanpa bisa disaksikan penonton secara langsung," kata Mochamad Iriawan dalam Pelatihan Manajemen Suporter Sepakbola, di Jakarta, Selasa (14/7/2020).

"Untuk itu kami mohon kerjasama dengan para suporter agar tidak datang ke stadion, tidak melakukan nonton bareng saat mendukung tim kesayangannya. Hal ini demi memutus penyebaran COVID-19, cukup dengan dukungan di rumah atau lewat media sosial untuk mendukung tim kesayangan masing-masing," ujarnya menambahkan.

Kegelisahan soal nobar juga sudah pernah diutarakan Ketua Umum The Jakmania Diky Budi Ramadhan. Ia khawatir kegiatan nobar nantinya tak bisa dihindari karena besarnya antusiasme suporter setelah lama tak menyaksikan tim kesayangannya berlaga.

Untuk itu ia pun berharap ada aturan terkait hal ini, misalnya dari pemerintah setempat, klub, PSSI, PT LIB, ataupun Gugus Tugas COVID-19. Jika nantinya aturan itu sudah ada, ia berharap suporter bisa mematuhinya.

"Oke kalau misalnya nobar, apakah ada maksimal orangnya, apakah harus ada social distancing juga, segala macam, hal-hal yang seperti itu yang harus diperhatikan," ucap Diky.

"Balik lagi, saya akan meminta Persija (Jakarta) untuk merekomendasikan, kira-kira protokol seperti apa sih bagi fans untuk bisa nobar segala macam," katanya lagi.



Simak Video "Intip Latihan Perdana PSM Jelang Shopee Liga 1 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com