sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 18 Jul 2020 18:35 WIB

Agar Pemain Timnas U-16 Tak Main Medsos Melulu, Ini Cara Bima Sakti

Muhammad Robbani - detikSport
Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti. Bima Sakti, pelatih timnas U-16. (Foto: detikcom/Jauh Hari Wawan S)
Jakarta -

Ada aturan khusus buat Timnas Indonesia U-16 selama pemusatan latihan, alias TC, yang diberlakukan Bima Sakti selaku pelatih. Aturan ini terkait main medsos.

Bima Sakti rupanya 'menyita' ponsel milik para pemainnya selama jam-jam tertentu. Tujuannya tentu saja agar pemain bisa fokus latihan dan tidak terusik konsentrasinya.

Aturan tersebut berlaku selama pemusatan latihan Timnas U-16 di Bekasi. Marcell Januar Putra cs sudah dua pekan berlatih di Stadion Patriot sejak 6 Juli dan akan berlanjut sampai 29 Juli.

Bima Sakti tak ingin para pemain Timnas U-16 lupa dengan sepakbola karena meningkatnya popularitas di media sosial. Sudah lumrah terjadi pemain Timnas Indonesia walau cuma level usia sekalipun bakal menjadi selebriti di era media sosial ini.

"Sudah saya sampaikan dari awal, kami mewanti-wanti benar masalah medsos. Karena ini berpengaruh ke mental pemain," kata Bima Sakti dalam konferensi pers via Zoom, Sabtu (18/7).

"Karena pemain saya sudah dikenal followers mereka meningkat di Instagram, itu saya udah mewanti-wanti. Kami batasi, semua ponsel harus dikumpulkan, setelah Ashar baru boleh diambil sampe jam 9 (pukul 21.00)," ujarnya menambahkan.

"Sehabis makan siang, saya ambil semua ponselnya. Mereka harus istirahat, harus bijak dalam menggunakan medsos," katanya lagi.

Sebagai gantinya, pemain Timnas U-16 mengisi waktu dengan berbagai hal. Misalnya lomba menghafal Al-Quran. Atau juga turnamen game PS4 hingga Mobile Legend demi kebersamaan.

Tak cuma itu, Bima Sakti bahkan memberikan bekal hidup kepada pemainnya lewat materi public speaking. Ia berharap para pemainnya kelak juga piawai membawa diri di hadapan publik.

"Setelah Ashar, saya mengundang sahabat saya yang berpengalaman di timnas. Pukul 15.45 presentasi, ada mantan pemain timnas supaya mereka belajar dari sahabat saya," tutur eks pemain Persema Malang itu.

"Pekan lalu saya juga mengundang salah satu presenter, Tio Nugroho untuk masalah public speaking. Dia memberikan pengetahuan bagaimana caranya bicara di depan media. Semoga pemain bisa lebih baik saat diwawancara media," ucapnya mengenai harapannya buat para pemain Timnas U-16 di masa depan.



Simak Video "Timnas U-16 Mulai Gelar Latihan di Stadion Patriot"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com