sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 24 Jul 2020 16:25 WIB

Pelatih Persib Bandung Kena Serangan Jantung, 'Come Back' 2 Pekan Lagi

Yudha Maulana - detikSport
Pelatih Persib Robert Rene Alberts di Stadion Siliwangi, Bandung, Kamis (20/2/2020). Pelatih Persib Bandung beristirahat dua minggu, alami serangan jantung. (Foto: detikcom/Yudha Maulana)
Jakarta -

Robert Rene Alberts, pelatih Persib Bandung, mengungkapkan kronologi serangan jantung yang membuatnya harus naik ke meja operasi. Dia mesti istirahat dua pekan.

"Hari ini Kamis 23 Juli 2020, Saya sedang dalam pemulihan dari operasi jantung. saya kena serangan jantung tanggal 21 Juli kemarin. Sebelum itu saya sangat sehat saya banyak bersepeda saya bersepeda dengan staf official dan karyawan Persib lainnya. Kami sangat menikmatinya dan saya merasa sangat bagus," ujar Robert sambil duduk di atas kasur rawat, seperti dilihat detikcom Jumat (24/7).

Setelah bersepeda, ujar Robert, ia merasakan sakit di bagian lengan kirinya. Namun, rasa sakit yang muncul itu tidak ia pedulikan. "Setelah itu saya juga operasi kuku kaki saya dan 2 hari lalu Senin pagi saya merasa tidak enak badan," ucapnya.

Ia pun bergegas ke rumah sakit pada hari itu juga, didampingi dokter tim Persib Bandung Rafi Ghani. Hasilnya, tidak ada kelainan pada tubuh Robert. Meski begitu, ia diharuskan melakukan check-up keesokan harinya.

"Dan Selasa jam 2 pagi saya merasa tidak sehat. Dan jam 3 pagi lengan dada saya sakit sekali. Saya tidak tahan saya keringatan Dan saya merasa tidak nyaman sekali jadi 5.00 WIB saya panggil taksi dan pergi ke rumah sakit Boromeus dan mereka langsung bilang saya kena serangan jantung. mereka langsung bawa saya ke tempat operasi secepatnya untuk memasukkan alat bantu ke jantung saya lewat nadi saya," kata Robert di channel Youtube pribadinya.

Setelah dibedah, ternyata ada satu arteri yang menyuplai darah ke jantungnya tersumbat. Tim medis dari RS Borromeus pun menggunakan alat untuk membuka saluran arteri dan memasukkan selang ke dalamnya.

"Dan setelah itu darah bisa masuk ke jantung saya lagi dan semuanya kembali normal lagi dan tentu saja ada kerusakan di jantung saya," ucap pelatih yang sudah sejak musim lalu menangani Persib Bandung itu..

Ia berharap bisa segera keluar dari rumah sakit dalam satu atau dua hari ke depan. "Apa saja kerusakannya sepertinya masih bisa dikontrol. dan saya mungkin bisa kembali normal dalam 2 minggu tanpa olahraga, mungkin hanya olah olahraga ringan dan setelah itu kembali ke olahraga-olahraga yang biasa," katanya.

Soal kemungkinan kembali ke lapangan untuk melatih anak-anak Persib Bandung, Robert menyatakan kesiapannya. Apalagi Shopee Liga 1 2020 baru akan start kembali dua bulan lagi.

"Dan masih ada kesempatan untuk jantung saya kembali normal nantinya tergantung pemulihannya. dan balik lagi ini adalah serangan jantung jadi saya harus benar-benar serius untuk pulih kembali, tapi saya ingin sekali kembali ke lapangan dalam 2 minggu Dan saya harap kita bisa latihan lagi dalam waktu 2 minggu ke depan," katanya.



Simak Video "Intip Latihan Perdana PSM Jelang Shopee Liga 1 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(yum/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com