sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 24 Jul 2020 21:30 WIB

Ratu Tisha Tak Lagi di Komite Kompetisi AFC, PSSI Kirim Penggantinya

Muhammad Robbani - detikSport
Para Peraih Penghargaan di Piala Indonesia 2019 Ratu Tisha sudah tak jadi anggota Komite Kompetisi AFC, PSSI kirim penggantinya. (Foto: detikcom/Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Ratu Tisha Destria tak lagi menjabat anggota Komite Kompetisi AFC. PSSI menunjuk Endri Erawan yang merupakan anggota Komite Eksekutif (Exco) sebagai pengganti.

Hal itu diketahui lewat surat resmi Federasi Sepakbola Asia (AFC) yang ditujukan ke Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI, Yunus Nusi, Jumat (24/7/2020). AFC mengabulkan permintaan PSSI yang lebih dulu mengirim surat pada 30 Juni.

"Dengan ini kami menyatakan bahwa, Komite Eksekutif AFC, pada 23 Juli, telah menyetujui penunjukkan Endri Erawan sebagai anggota Komite Kompetisi untuk menggantikan Ratu Tisha Destria, untuk sisa masa jabatan 2019-2023," tulis pernyataan resmi AFC dalam suratnya.

"Kami apresiasi atas dukungan, kontribusi, dedikasi, dan kerja keras Ratu Tisha Destria dalam masa jabatannya sebagai anggota Komite Kompetisi AFC," lanjut pernyataan yang ditandatangani Sekjen AFC Dato' Windsor John.

Jabatan Ratu Tisha memang sempat menjadi perdebatan seusai ia mengundurkan diri sebagai Sekjen PSSI pada 13 April lalu. detikSport sempat mengonfirmasi ke PSSI terkait kelanjutan kiprah Ratu Tisha di AFC setelah keluar dari federasi.

Saat itu, Yunus Nusi mengatakan bahwa PSSI tetap mendukung Ratu Tisha untuk terus melanjutkan kiprahnya di AFC. Padahal, jabatan di AFC sebenarnya butuh dukungan dari PSSI, sementara Ratu Tisha posisinya sudah keluar dari federasi.

Hal itu diatur dalam statuta AFC edisi 2019. "Setiap anggota komite harus ditunjuk oleh Komite Eksekutif atas proposal asosiasi anggota atau Presiden," begitu isi Statuta AFC.

"Masih dong. Kami tetap apresiasi keberadaan Ratu Tisha di AFF dan AFC. Iya masih, kan Ratu Tisha memang ditunjuk federasi (sewaktu masih menjabat Sekjen PSSI)," kata Yunus Nusi kepada detikSport, pada 15 Mei lalu.

Ratu Tisha membenarkan kabar pencopotannya dari anggota Komite Kompetisi AFC. Ia mengaku menerima keputusan ini dengan lapang dada.

Ia pun mendukung penuh siapapun yang akan menjadi penggantinya. Menurutnya, jabatan itu memang bukan milik personal, namun untuk Indonesia selaku anggota AFC.

"Melalui persaingan ketat, kesempatan telah didapatkan oleh Indonesia, bukan oleh Ratu Tisha. Saat ini Indonesia sudah menjadi bagian dari suara di komite kompetisi AFC," kata Ratu Tisha kepada pewarta.

"Surat apresiasi dan personal message telah saya terima dari AFC. Dengan demikian, saya mengundurkan diri dari Komite Kompetisi AFC dan menyerahkan kesempatan ini kepada siapapun yang akan menggantikan saya di Anggota Komite Kompetisi AFC. Good luck," ucapnya mengakhiri.



Simak Video "Ratu Tisha Mundur dari Jabatan Sekjen PSSI"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com