sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 26 Jul 2020 16:35 WIB

Latihan Timnas Indonesia Ditunda, Tunggu Hasil Swab Test

Muhammad Robbani - detikSport
Swab Test Timnas Timnas Indonesia mulai latihan setelah hasil swab test muncul (dok PSSI)
Jakarta -

Latihan Timnas Indonesia dan Timnas Indonesia U-19 ditunda. Pasalnya PSSI menunggu hasil swab test para pemain Skuat Garuda.

Para pemain Timnas Indonesia dan Timnas U-19 sudah merampungkan swab test Jumat (24/7). Sebelumnya mereka juga sudah menjalani rapid test saat tiba di Jakarta, Kamis (23/7).

Seharusnya latihan sudah digelar di Stadion Madya, Jakarta, mulai Sabtu (25/7/2020), tapi lantas ditunda selama sepekan ke Sabtu (1/8).

"Pemain akan melakukan kegiatan di hotel sambil menunggu hasil swab test yang kira-kira akan keluar tiga atau empat hari seusai swab test dilakukan," kata dokter Timnas, Syarif Alwi, dalam rilis PSSI.

Penundaan ini juga diklaim PSSI sesuai permintaan Shin Tae-yong selaku Manajer-Pelatih Timnas Indonesia. Seusai tiba di Jakarta, Rabu (22/7), pelatih asal Korea Selatan mendiskusikan roadmap baru dengan PSSI yang salah satunya perubahan agenda latihan Timnas Indonesia dan Timnas U-19.

Sebelumnya, penanggung jawab kesehatan Timnas Indonesia dokter Ahmad Nizar menyebut bahwa nutrisi pemain akan diperhatikan. Hal itu juga yang akan menjadi fokus PSSI selagi menunggu hasil swab test para pemain.

"Kami (tim dokter PSSI) akan melakukan perbaikan nutrisi kepada pemain terutama kebiasaan saat mereka makan," papar Nizar.

"Sambil menunggu hasil swab test, kami melakukan simulasi latihan dengan protokol kesehatan di hotel sebelum dilakukan latihan perdana."

PSSI tak mengungkapkan mengapa Shin meminta latihan perdana Timnas Indonesia dan Timnas U-19 ditunda. Apalagi pria berusia 49 tahun itu dalam wawancara dengan media Korea, KBS, sebelumnya menginginkan agenda latihan dimulai 24 Juli.

Timeline latihan Timnas Indonesia dan Timnas U-19 yang diungkapkan Shin KBS tak berbeda jauh dengan rencana PSSI, di mana latihan seharusnya sudah dimulai sejak 25 Juli.

Di sisi lain, Nizar sempat mengungkapkan ada satu pemain Timnas Indonesia yang dibawa ke rumah sakit karena masalah kesehatan. Sayang tak diungkapkan nama dan masalah kesehatan apa yang diderita.

"Terkait kondisi pemain, untuk sementara ini ada satu pemain yang punya keluhan sejak datang di awal. Tetapi kemarin (Kamis, 23 Juli) dia sudah kami bawa ke Rumah Sakit Royal Progress," tutup Ahmad Nizar.



Simak Video "Seri Lawan Qatar, Shin Tae-yong Soroti Power Timnas U-19"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com