sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 29 Jul 2020 18:51 WIB

PSSI Juga Ingin Kirim Timnas Indonesia Senior ke Korea

Muhammad Robbani - detikSport
Timnas U-19 melakukan latihan di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang. Pemusatan latihan ini ditonton langsung Menpora Zainudin Amali hingga Ketum PSSI Mochamad Iriawan. Ketum PSSI, Mochamad Iriawan, ingin Timnas Indonesia senior juga dibawa ke Korea Selatan. (Foto: detikcom/Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

PSSI ingin Timnas Indonesia senior juga berangkat ke Korea Selatan. Opsi itu tengah dipertimbangkan agar Timnas Senior tetap diperhatikan Shin Tae-yong.

Sebelumnya PSSI hanya berencana mengirim Timnas Indonesia U-19 ke Korea Selatan sebagai persiapan menuju Piala Asia U-19 2020. Sebelum itu, kedua kelompok Timnas itu akan berlatih bersama di Jakarta.

Pemusatan latihan Timnas Indonesia dan Timnas U-19 seharusnya sudah digelar di Stadion Madya, Jakarta, mulai Sabtu (25/7/2020). Namun latihan itu ditunda ke Sabtu (1/8).

Rencana awalnya, Timnas U-19 akan berangkat ke Korea pada 9 Agustus atau hanya berselang satu hari setelah pemusatan latihan hari terakhir pada 8 Agustus. Jika rencana itu berjalan, Timnas Indonesia senior tak punya kegiatan karena semua tim pelatih ikut terbang ke Korea bersama Timnas U-19.

Nah, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan meminta Shin Tae-yong tak melupakan Timnas Indonesia Senior. Untuk itu ia mewacanakan Timnas Senior untuk berangkat ke Korea juga.

"Fokus sekarang adalah Timnas U-19 yang akan tampil Piala Dunia (U-20 2021). Tetapi kami juga ingin Timnas Senior membuahkan hasil maksimal di tiga laga akhir (Kualifikasi Piala Dunia 2022) untuk memperbaiki peringkat FIFA," kata Mochamad Iriawan kepada wartawan, Rabu (29/7).

"Kapan (Timnas U-19) ke Korea, itu Shin Tae-yong yang menentukan. Kalau bisa harus berangkat dua-duanya (senior dan U-19) supaya Shin Tae-yong bisa melatih dua-duanya di sana," ujarnya menambahkan.

Saat ini Timnas Indonesia masih terpuruk di peringkat 173 FIFA. Hasil bagus di tiga pertandingan sisa Kualifikasi Piala Dunia diharapkan akan mendongkrak posisi Indonesia.

Timnas Indonesia masih punya tiga pertandingan sisa di Kualifikasi Piala Dunia. Pertama bertandang ke markas Thailand pada 8 Oktober, menjamu Uni Emirat Arab pada 13 Oktober, dan terakhir dijamu Vietnam pada 12 November.

Iwan Bule, sapaan Mochamad Iriawan, meminta Shin Tae-yong untuk membuat road map baru dengan deadline pada, Senin (3/8). Road map baru itu sekaligus akan memastikan nasib Timnas Indonesia dan rencana berangkat ke Korea.

"Ini akan kami diskusikan kembali pada Senin pagi. Shin Tae-yong akan memberikan roadmap barunya," ucap Iwan Bule.



Simak Video "PSSI Ancam Pecat Shin Tae-yong, Kenapa?"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com