sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 04 Agu 2020 17:58 WIB

Inpres Piala Dunia U-20 Segera Terbit, Ini Tanggapan Gubernur Sumsel

Angga Laraspati - detikSport
Sumsel Foto: Pemprov Sumsel
Jakarta -

Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru (HD) menanggapi terkait Instruksi Presiden (Inpres) tentang Piala Dunia U20 yang akan segera diterbitkan. Inpres tersebut dibutuhkan pemerintah sebagai petunjuk tugas-tugas instansi terkait persiapan Piala Dunia U20.

HD mengatakan dirinya menyambut baik terbitnya Inpres tersebut. Bila nantinya Sumsel dipercaya oleh pemerintah menjadi tuan rumah itu tentu akan menjadi kabar baik bagi Sumsel. Apabila nanti sudah terbit, dirinya beserta jajaran akan langsung mengimplementasikan rencananya dalam mempersiapkan gelaran akbar sepak bola dunia untuk usia di bawah 20 tahun tersebut.

"Kita dapat mengimplementasikan rencana kita baik itu internal stadion, eksternal, hospitality yaitu masyarakatnya itu yang paling penting. Tapi kita tunggu dulu inpres ini turun, mudah-mudahan tidak ada perubahan mohon doa seluruh masyarakat Sumsel," tutur HD dalam keterangan tertulis, Selasa (4/8/2020).

Lebih lanjut, HD menambahkan jika nantinya Sumsel dipercaya menjadi tuan rumah Piala Dunia U20, hal itu adalah sebuah anugerah yang harus disyukuri. Adapun menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 menurut HD dapat memberikan dampak yang luas, karena sepak bola menjadi daya tarik sendiri.

"Dampaknya tidak hanya di dalam stadion tapi juga akan dirasakan oleh seluruh penjuru Sumsel. Karena Sumsel akan menjadi sorotan dunia karena ini sepak bola yang pendukung dalam negerinya saja dari data PSSI sekitar 190 juta lebih," ungkap HD.

Lewat Inpres ini juga nantinya akan membuat Kementerian PUPR mempunyai perintah untuk merenovasi stadion-stadion yang akan dipakai menjadi venue Piala Dunia U20. Meskipun begitu, ternyata ada venue yang sudah memulai renovasi dan membangun lapangan latihan lebih awal yaitu Sumatera Selatan dan juga Jawa Timur.

"Itu adalah bentuk keseriusan kita (menjadi tuan rumah Piala Dunia U20)," ujar HD.

Di sisi lain, Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan Pemerintah Daerah setempat bersedia mengeluarkan biaya sendiri. Artinya mereka tak mengandalkan menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Venue sudah pasti ada enam itu, lapangan latihan di sekitarnya mudah-mudahan sudah bisa langsung dikerjakan. Perlu diketahui juga bahwa Pemda-pemda sangat kooperatif," tutur Zainudin.

"Pekan lalu ada Gubernur Sumatera Selatan dan Wali Kota Palembang yang datang, mereka menyatakan kesiapan. Bukan hanya lapangan, tetapi juga siap menjadi tuan rumah yang baik," pungkasnya.

Sebelumnya pada Senin (3/8/2020) kemarin, Zainudin mengatakan Inpres dari Presiden terkait Piala Dunia U20 akan keluar dalam waktu 2 hari. Selain Inpres, persiapan penyelenggaraan juga menunggu Keputusan Presiden (Keppres).



Simak Video "PSSI Sebut 6 Stadion Piala Dunia U-20, di Mana Saja?"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com