sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 07 Agu 2020 19:50 WIB

Shopee Liga 1 Tanpa Degradasi, Ini Komentar Kapten Persib

Yudha Maulana - detikSport
Supardi Nasir, kapten Persib Bandung Kapten Persib Bandung, Supardi, mengomentari Shopee Liga 1 2020 tanpa degradasi. (Foto: detikcom/Mochamad Solehudin)
Jakarta -

Shopee Liga 1 2020 dipastikan digelar tanpa degradasi. Kapten Persib Bandung Supardi mengomentari hal itu.

Pandemi COVID-19 memaksa kompetisi paling bergengsi di Tanah Air itu bergulir lagi dengan status luar biasa pada Oktober mendatang. Shopee Liga 1 berhenti ketika baru berputar tiga laga.

Sebaliknya, begitu kompetisi musim ini berakhir akan ada dua tim Liga 2 yang promosi ke Liga 1. Sehingga dipastikan musim 2021 akan diikuti oleh 20 klub, pasalnya kondisi ini juga berlaku bagi kompetisi di kasta kedua.

"Sebenarnya kurang pas saja persaingan tanpa degradasi. Seperti tidak adil. daya pemikatnya kurang," ujar Supardi di Mes Persib, Kota Bandung, Jumat (7/8/2020).

Menurutnya status luar biasa ini akan membuat semua klub bermain aman, tanpa ada lecutan agar terhindar dari jurang degradasi. Semangat mengejar gelar juara pun baru akan terasa di akhir-akhir Shopee Liga 1.

"Ketika kita tahu keadaan ini, Semua tim akan bermain aman. Paling tim-tim papan atas mungkin, kalau sudah berapa pertandingan sudah fokus ke juara. Tapi kalau tim yang agak susah naik, mereka mungkin pikir ya sudah lah," ujar Supardi.

"Main aman saja kita. Karena meski di bawah (klasemen), tidak ada yang gerogotin. Tidak ada bedanya. Yang beda mungkin posisi 18 dan 1 sama 2 saja. Yang tengah, tidak ada bedanya," imbuhnya.

Sementara itu, jika degradasi diterapkan semua tim bakal terpacu untuk meraih posisi aman, minimal tak jatuh ke posisi buncit. "Kalau ada degradasi, semua bersaing. Tengahnya deg-degan," ungkapnya.

Walau begitu, kata Supardi, ia menyerahkan semua keputusan kepada pihak federasi dan operator liga. Apapun keputusannya itu dianggap yang terbaik untuk semua pihak.

"Tapi ini kebijakan dari pusat dan ini menyangkut masalah force majeure atau corona ini, enggak tahu pertimbangannya. Tapi kalau jawaban pribadi, harusnya ada degradasi, namanya juga kompetisi," ucapnya.

Di lain kesempatan, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan, peniadaan degradasi di Shopee Liga 1 untuk menerapkan asas keadilan bagi semua tim, terutama yang berasal dari luar Jawa. Direncanakan semua laga akan disentralisasi di Pulau Jawa. Selain itu, penghapusan degradasi juga kepentingan Timnas, sehingga aktivitas klub dan Timnas bisa berjalan paralel.



Simak Video "Persib Bandung Resmi Gaet Zulham Zamrun"
[Gambas:Video 20detik]
(yum/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com