sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 08 Agu 2020 11:10 WIB

Shin Tae-yong Masih Harapkan Timnas U-19 TC di Korea, Ini Alasannya

Muhammad Robbani - detikSport
Timnas Indonesia U-19 latihan perdana bersama pelatih Shin Tae-yong di Stadion Madya, Jakarta, Jumat 8 Agustus 2020. Shin Tae-yong Masih Harapkan Timnas U-19 TC di Korea, Ini Alasannya. (Foto: detikcom/Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Shin Tae-yong, pelatih timnas Indonesia, masih berharap pemusatan latihan (TC) Timnas U-19 bisa digelar di Korea Selatan, sekalipun kini PSSI menjadikan Eropa sebagai lokasi alternatif.

PSSI membidik Belanda, Prancis, dan Jerman sebagai lokasi pengganti Korea. Federasi sepakbola Indonesia keberatan dengan aturan karantina 14 hari yang menjadi aturan wajib buat orang asing di Korea.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyebut, tiga negara Eropa yang tengah dibidik pihaknya tak terlalu menerapkan aturan ketat. Dengan begitu latihan Timnas U-19 pun bisa langsung dilakukan tanpa harus menunggu karantina.

Di sisi lain, Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong masih berhasrat membawa anak-anak asuhnya ke Negeri Ginseng. Ia pun membidik Kota Gwangju sebagai lokasi pilihanya.

"Sebenarnya saya masih memilih ke Korea. Kami akan memilih juga Kota Gwangju, di sekitarnya ada kota-kota yang punya atau tim seperti Pohang Steelers, Busan IPark, dan Daegu FC," kata Shin Tae-yong kepada wartawan.

"Ada tim-tim yang bisa menjadi lawan kami. Paling jaraknya 40-50 Km (dari Gwangju). Jadi, untuk latihan atau uji coba dengan mereka sangat bagus," ujarnya menambahkan.

Eks pemain dan pelatih Seongnam Ilhwa Chunma itu juga sudah paham betul dengan Korea yang notabene negara asalnya. Ia sudah punya rencana matang terkait apa saja yang akan dilakukan di sana jika Timnas U-19 jadi berangkat ke Korea.

Dan pertimbangan utamanya adalah kondisi pandemi virus corona yang relatif aman. Jadi latihan bisa digelar dengan lancar tanpa memikirkan hal lain di luar sepakbola.

"Kenapa saya pilih TC di Korea? karena di Korea sangat aman dan tim-tim di sana lebih kuat daripada di sini. Untuk pemain, meningkatkan kemampuan pasti bagus di sana," tutur eks Pelatih Timnas Korea di Piala Dunia 2018.

"Tetapi karena ada permasalahan karantina dua minggu di sana, jadi kami pernah bicarakan tentang TC di Eropa. Karena ada beberapa negara yang tidak perlu karantina," ucap Shin Tae-yong.



Simak Video "Seri Lawan Qatar, Shin Tae-yong Soroti Power Timnas U-19"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com