sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 08 Agu 2020 12:47 WIB

Belasan Pemain Timnas Indonesia Absen Latihan, Ini Kata Shin Tae-yong

Muhammad Robbani - detikSport
Timnas Indonesia menggelar latihan perdana di Stadion Madya, Jakarta, Jumat 7 Agustus 2020. Belasan Pemain Timnas Indonesia Absen Latihan, Ini Kata Shin Tae-yong. (Foto: detikcom/Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Ada belasan pemain timnas Indonesia yang absen di latihan perdana. Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong pun ditanya soal absennya para pemain tersebut.

Timnas Indonesia dan Timnas Indonesia U-19 menggelar latihan perdananya di Stadion Madya, Jakarta, Jumat (7/8/2020). Ada 61 pemain yang menjalani latihan dari yang seharusnya 75 pemain. Dengan kata lain, setidaknya ada 14 pemain yang tak ikut berlatih.

Rincian pemain yang absen adalah sembilan di Timnas U-19 dan lima pemain di Timnas Senior. Adapun PSSI memanggil 46 pemain ke Timnas U-19 dan 29 pemain ke Timnas Senior.

Absennya 14 pemain timnas Indonesia itu ikut menambah spekulasi terkait berhembusnya rumor bahwa ada yang positif COVID-19. Hal itu pula yang diduga menjadi penyebab dua kali pembatalan latihan Timnas Indonesia.

Namun Shin Tae-yong enggan mengomentarinya. Ia menilai PSSI lebih berhak untuk menjawab masalah ini.

"Tanya ke PSSI. Mungkin PSSI harus memeriksa (kesehatan pemain) dan itu memang perlu waktu cukup lama. Jadi percaya saja," kata Shin Tae-yong.

Sementara itu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan memberikan penjelasan. Ia menyebut bahwa semua pemain harus menjalani karantina terlebih dahulu sebelum turun ke lapangan.

Ia juga mengungkapkan bahwa tak semua pemain tiba secara bersamaan. Mayoritas pemain yang dipanggil sebenarnya sudah tiba sesuai jadwal yakni pada 23 Juli lalu.

Memang ada pemain-pemain yang datang menyusul. Terutama pemain-pemain yang dari Eropa seperti Egy Maulana Vikri hingga Brylian Aldama yang baru datang menyusul sepekan kemudian.

Dengan alasan itu, seharusnya Egy dan Brylian belum bisa ikut latihan timnas Indonesia. Nyatanya mereka berdua sudah terlibat dalam latihan perdana di bawah arahan Shin Tae-yong.

"Tidak ada (yang positif COVID-19). Jadi kami ini 14 hari karantina karena memang menjalankan protokol kesehatan yakni dengan melakukan tiga kali swab test," kata Iwan Bule sapaan Mochamad Iriawan.

"Masalah pemain yang belum hadir karena memang belum sampai 14 hari karantina, karena beberapa pemain 'kan hadirnya tidak berbarengan. Jangka waktu itu sesuai dari protokol kesehatan," tutur eks Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional itu.



Simak Video "Seri Lawan Qatar, Shin Tae-yong Soroti Power Timnas U-19"
[Gambas:Video 20detik]
(krs/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com