TC Timnas Indonesia Dibubarkan Ketum PSSI, Ini Alasannya

Muhammad Robbani - Sepakbola
Minggu, 16 Agu 2020 12:00 WIB
Timnas Indonesia melakukan sesi latihan ketiga di Lapangan Madya, Jakarta, Senin (17/2/2020). Latihan dipimpin langsung oleh Shin Tae Yong.
Ilustrasi latihan timnas Indonesia senior di bawah arahan Shin Tae-yong pada bulan Februari. (Foto: Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Pemusatan Latihan (TC) Timnas Indonesia senior dibubarkan oleh Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Sabtu (15/8/2020). Itu dikarenakan timnas tak punya agenda sampai akhir tahun 2020.

Irfan Bachdim cs sudah berada di Jakarta sejak 23 Juli untuk bersiap menghadapi tiga laga sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Sementara itu, latihan Timnas Indonesia sudah digelar sejak 7 Agustus setelah mengalami dua kali penundaan.

Adapun jadwal Timnas Indonesia sebelumnya adalah menghadapi Thailand (8/10/2020), Uni Emirat Arab (13/10), dan Vietnam (12/11). Namun, AFC memutuskan menunda semua laga sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia ke tahun 2021.

Selain itu, AFF sudah lebih dulu memutuskan menunda gelaran Piala AFF 2020. Turnamen dua tahunan itu seharusnya digelar pada 23 November hingga 31 Desember.

Terkait dengan hal itu, PSSI pun kini memutuskan untuk memulangkan para pemain Timnas Indonesia ke klub masing-masing setelah penundaan dua ajang tersebut. Total ada 29 pemain yang dipanggil Pelatih Shin Tae-yong dalam kesempatan ini.

"Untuk timnas senior hari ini PSSI mengembalikan mereka ke klub masing-masing karena bulan Oktober kompetisi Shopee Liga 1 2020 kembali bergulir lagi," kata Mochamad Iriawan dalam rilis PSSI.

"Saya berterima kasih kepada pemain yang sudah berlatih dengan tekun dan mengikuti aturan protokol kesehatan yang ada, baik sebelum berlatih di lapangan maupun beberapa hari setelah berlatih di lapangan," ujarnya menambahkan.

Praktis para pemain Timnas Indonesia yang dipulangkan ini akan kembali fokus buat klubnya masing-masing dalam menyambut lanjutan Shopee Liga 1 2020. PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) rencananya memulai lagi kompetisi mulai 1 Oktober mendatang.

Sementara itu, Piala AFF kabarnya akan digelar pada Bulan April 2021. Sementara AFC belum menentukan jadwal baru laga sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022.

(krs/yna)