Ketum PSSI Tantang Timnas Indonesia U-16 Unjuk Gigi di Piala Asia

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 18 Agu 2020 23:01 WIB
Mochamad Iriawan
Ketum PSSI Tantang Timnas Indonesia U-16 di Piala Asia (dok PSSI)
Jakarta -

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan ingin Timnas Indonesia U-16 berprestasi di Piala Asia U-16 2020. Ajang tersebut bakal terlaksana di Bahrain pada akhir tahun ini.

Permintaan itu dilontarkan Mochamad Iriawan saat melakukan kunjungan latihan Timnas U-16 di Stadion Patriot Chandrabhaga, Kota Bekasi, Selasa (18/8/2020). Ia berharap anak-anak asuh Bima Sakti tak mengkhawatirkan para pesaingnya.

Timnas U-16 tergabung di Grup D bersama Jepang, Arab Saudi, dan China. Jepang berstatus juara bertahan, Arab Saudi dua kali juara, sementara China jelas tak bisa dianggap remeh.

"Jangan gentar dengan nama-nama besar negara itu. Mereka juga sama-sama manusia. Dan bola itu bundar," kata Mochamad Iriawan dikutip dari laman resmi PSSI.

"Bahkan kita pun sudah pernah menghadapi China di Stadion Gelora Bung Karno (Kualifikasi Piala Asia U-16). Tidak kalah juga saat itu, imbang 0-0," ujarnya menambahkan.

Mochamad IriawanMochamad Iriawan di depan skuad Timnas Indonesia U-16 (dok PSSI)

Timnas U-16 menjadi satu-satunya wakil ASEAN yang lolos ke Piala Asia U-16. Negara-negara kuat seperti Thailand hingga Vietnam gagal melaju dari babak kualifikasi.

Selain kebanggaan mewakili ASEAN, bertanding di Piala Asia U-16 juga punya prestise tersendiri. Ajang dua tahunan ini juga menyediakan empat tiket ke Piala Dunia U-17 2021.

"Tim ini sangat membanggakan, hadir sebagai satu-satunya negara Asia Tenggara di Piala Asia U-16," tutur eks Kapolda Metro Jaya itu.

"Ingat, empat tim terbaik dari turnamen ini akan lolos ke putaran final Piala Dunia U-17 di Peru 2021. Mau masuk Piala Dunia? Mau membawa merah putih di Piala Dunia?" ucapnya.

Sejauh ini, Timnas U-16 telah menggelar uji coba dengan tim lokal sebanyak tiga kali. Terakhir, Alexandro Felix Kamuru menang 2-0 atas dengan skor 2-0 pada, Jumat (14/8).



Simak Video "Target PSSI di Piala Dunia U-20: Syukur-syukur 8 Besar"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/krs)