sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 03 Sep 2020 19:25 WIB

Shin Tae-yong: Misteri Kualitas Lawan Ujian Buat Pemain Timnas U-19

Muhammad Robbani - detikSport
Shin Tae-Yong dan Indra Sjafri Shin Tae-yong menilai butanya kekuatan tim lawan menjadi ujian untuk Timnas Indonesia U-19. (Foto: detikcom/Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong mengakui timnya buta kekuatan Bulgaria, Arab Saudi, dan Kroasia. Namun ia yakin hal itu memberikan dampak positif.

Timnas U-19 akan tampil di International U-19 Friendly Tournament. Bulgaria akan menjadi lawan pertama pada, Sabtu (5/9), lalu Kroasia, Selasa (8/9), dan Arab Saudi, Jumat (11/9).

Shin Tae-yong tak berharap banyak timnya bisa meraih hasil bagus pada tiga pertandingan itu. Namun ia ingin pemainnya bisa mendapat pelajaran saat menghadapi lawan yang kekuatannya relatif tak diketahui.

Ia juga menyambut ditundanya turnamen ini selama tiga hari. Dalam jadwal awal, seharusnya Timnas U-19 sudah bermain dengan menghadapi Kroasia pada, Rabu (2/9). Namun terjadi perubahan dan jadwal pertandingan perdana Timnas U-19 digeser ke Sabtu (5/9).

"Memang jujur kami belum tahu kualitas lawan yang nanti akan kami hadapi di sini. Namun itu justru bagus untuk menguji pemain," kata Shin Tae-yong dalam video yang dirilis PSSI.

"Terkait mundurnya tanggal pertandingan perdana, menurut kami itu baik buat tim. Karena kami baru datang (30/8) terus bertanding itu tidak baik. Sekarang kami memiliki waktu untuk pemulihan, menurut kami ini baik untuk tim," ujarnya menjelaskan.

Pada masa-masa awal ini, Shin Tae-yong masih memberikan kesempatan kepada pemain untuk menjalani latihan ringan saja. Secara bertahap, intensitas latihan akan ditingkatkan seiring berjalannya waktu.

Meski begitu, jadwal latihan Timnas U-19 sebenarnya cukup padat karena aktivitas dilakukan mulai Pagi, Sore, dan malam. Shin Tae-yong pun berharap para pemainnya bisa menjalaninya dengan lancar.

"Saya yakin mental dan fisik pemain sudah berkembang. Karena saya melihat setiap hari, mental dan fisik pemain mengalami peningkatan secara bertahap," tutur pelatih asal Korea Selatan itu.

"Di awal kami hanya latihan untuk pemulihan. Suhu di Kroasia rata-rata 24 derajat hingga 25 derajat. Tetapi saat turun hujan, suhu turun ke 16-17 derajat. Jadi untuk pemain pasti cukup sulit, kami hati-hati agar pemain tidak flu," ucapnya.



Simak Video "Shin Tae-yong Masih Ingin Utak-atik Taktik Timnas U-19"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com