sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 08 Sep 2020 15:10 WIB

Cerita Kakang Rudianto: Ambisi Gabung Persib dan Doa Orang Tua

Yudha Maulana, Yudha Maulana - detikSport
Kakang Rudianto Kakang Rudianto berkisah mengenai ambisi bergabung dengan Persib Bandung. (Foto: dok.Persib Bandung/Sutanto Nurhadi Permana)
Bandung -

Kakang Rudianto tak merasa minder ketika menjajaki latihan perdananya bersama Persib Bandung. Ambisinya justru terlecut untuk bisa bagian dari Maung Bandung.

"Ya karena saya mencintai Persib, saya lahir di sini dan saya ingin main untuk Persib," ujar Kakang setelah berlatih di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Selasa (8/9/2020).

Berposisi sebagai seorang stopper, tentu bukanlah hal yang mudah bagi pemain muda jebolan Garuda Select ini untuk mendapatkan menit bermain. Ia harus bersaing dengan pemain senior kenamaan seperti Victor Igbonefo, Fabiano Beltrame dan Nick Kuipers.

Belum lagi bersaing dengan sesama pemain muda, Mario Jardel yang lebih dulu bergabung dengan Pangeran Biru.

"Ya saya dalam latihan selalu melihat mereka dan saya ingin seperti mereka, dan saya juga banyak belajar dari mereka," katanya.

Berbeda dengan ketiga pemain muda Persib lainya yang lebih awal bergabung, Kakang harus menjalani tes usap seraya mengisolasi diri terlebih dulu sepulangnya dari Inggris. Ia pun yakin bekal ilmu dan pengalamannya bersama Garuda Select bisa menjadi pembeda.

"Yang dibawa ke sini ya arahan dari pelatih, bermain simpel, dan kalau centre back enggak perlu ribet-ribet mainnya," tuturnya.

Ia pun mengulas soal pengalamannya saat bermain di Italia dan Inggris, kedua negara yang memiliki kompetisi sepakbola yang tersohor itu memiliki corak yang berbeda.
"Kalau di Italia ya bermain ditunggu, sabar, posisi juga. Kalau di Inggris main ke depan, dan main dari menit awal lebih keras. Jadi kita harus siap-siap menghadapinya, kalau di sini ya sama juga keras," katanya.

Saat ini, Kakang masih berstatus sebagai pemain trial untuk persiapan Persib pada laga lanjutan Shopee Liga 1 2020. Regulasi anyar mengharuskan klub memasukkan dua pemain muda ke dalam daftar susunan pemain (DSP), walau tak wajib turun laga.

Ia pun mengungkap pembicaraanya dengan sang pelatih soal masa depannya. "Ada sih, katanya habis main lawan Bhayangkara (ujicoba akhir pekan ini) mau dikembalikan atau tetap di sini. Tentunya kita harus bekerja keras lagi, itu juga harus menjadi motivasi bagi saya," kata pemain yang mengidolakan Hansamu Yama dan Virgil Van Dijk ini.

"Saya selalu berdoa dan meminta restu dari orang tua, saya mudah-mudahan ada rejekinya (main di Persib)," pungkasnya.



Simak Video "Hadapi Persib Bandung, PSM Makassar Bawa 23 Pasukan"
[Gambas:Video 20detik]
(yum/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com