sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 08 Sep 2020 23:50 WIB

Kisah Alfred Riedl Pernah Dapat Donor Ginjal Fan dari Vietnam

Yudha Maulana - detikSport
Tim nasional Indonesia akan berhadapan dengan tuan rumah Filipina di Piala AFF, Selasa (22/11/2016) besok. Jelang laga tersebut, pelatih dari kedua negara, Alfred Riedl dan Thomas Dolley menggelar konferensi pers di Novotel Hotel, Manila , Senin (21/11/2016). Alfred Riedl sangat dicintai publik sepakbola Asia Tenggara. (Foto: detikcom/Rachman Haryanto)
Jakarta -

Mendiang Alfred Riedl merupakan sosok yang disayang penggemar sepakbola di Asia Tenggara. Dia bahkan sampai mendapatkan donor ginjal fan dari Vietnam.

Alfred Riedl meninggal dunia pada usia 70 tahun pada Senin (7/9/2020). Eks pelatih Timnas Indonesia itu meninggal setelah berjuang melawan kanker

Mengulas sedikit tentang perjalanan hidup Alfred Riedl, ia pernah mendapatkan donor untuk transplantasi ginjal dari salah seorang penggemar sepakbola di Vietnam pada 13 tahun yang lalu.

Dikutip dari Reuteurs, donor anonim yang memutuskan untuk naik ke meja operasi itu ingin memastikan bahwa mantan striker Austria Vienna itu tetap mampu dalam melaksanakan tugasnya pada 2007.

Ketika itu popularitas Alfred Riedl meledak di Vietnam, setelah mengantarkan kemenangan 2-0 atas UEA dan meloloskan Timnas Vietnam ke perempatfinal Piala Asia 2007 yang menjadi tonggak sejarah baru dalam persepakbolaan The Golden Star tersebut.

Dilansir dari kurier.at, ia tutup usia setelah dirawat dengan penuh kasih oleh istrinya Jola hingga akhir hayatnya. Ia tercatat pernah mengarsiteki Timnas Indonesia dalam tiga periode yaitu pada 2010-2011, 2013-2014 dan 2016 - 2017.

Alfred Riedl pernah mengantarkan Timnas Indonesia ke posisi runner-up Piala AFF 2010. Pelatih yang sarat pengalaman ini juga pernah melanglangbuana di tujuh negara termasuk di Liechtenstein, Vietnam, Laos dan Indonesia.

Sebagai pemain, ia pernah merupakan pemain yang sarat prestasi sebagai top skorer pada Jupiler League, ia bermain untuk Wiener Sportclub dan VfB Admira Wacker Modling.



Simak Video "Eks Pelatih Timnas Indonesia Alfred Riedl Meninggal Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(yum/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com