sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 11 Sep 2020 19:29 WIB

PSSI: Indonesia Kehilangan Jatah Liga Champions Asia Tahun Depan

Muhammad Robbani - detikSport
Bali United vs FLC Thanh Hoa di Liga Champions Asia Jatah Indonesia di Liga Champions Asia hilang. (Foto: instagram @baliunited)
Jakarta -

AFC menambah peserta Liga Champions Asia (LCA) 2021 menjadi 40 klub. Ironisnya, klub Indonesia malah kehilangan jatah untuk tampil di ajang tersebut tahun depan.

Sekjen PSSI Yunus Nusi mengonfirmasi kabar hangusnya jatah LCA buat klub Shopee Liga 1. Hal ini sudah diprediksi karena melorotnya ranking kompetisi Indonesia (Shopee Liga 1) di pemeringkatan AFC.

"Indonesia kehilangan jatah LCA? Ya, itu benar dan secara resmi akan disampaikan nanti oleh AFC," kata Yunus Nusi dalam preskon Zoom bersama PT LIB, Jumat (11/9/2020).

Hangusnya jatah LCA disebabkan kompetisi Shopee Liga 1 2020 hanya menempati ke-13 di Zona Timur dan peringkat ke-28 se-Asia. Hal itu tak lain karena penampilan buruk klub-klub Indonesia di kompetisi AFC (Piala AFC dan LCA).

Persija Jakarta misalnya, mereka tak lolos dari babak grup Piala AFC 2019. Satu wakil Indonesia lainnya yakni PSM Makassar, lebih baik, tapi langkahnya sudah terhenti di babak semifinal Zona ASEAN.

Hal itu diperparah dengan tak pernah lolosnya klub Indonesia dari babak Kualifikasi LCA sejak 2012. Klub-klub Tanah Air pun cuma bisa bertanding di Piala AFC, itupun sering tertahan di babak grup dengan lolos ke final Zona ASEAN menjadi pencapaian terbaiknya.

Sementara itu, pada 2020, Indonesia masih mendapat jatah satu tiket kualifikasi LCA dengan Bali United menjadi wakilnya meski cuma sebatas Kualifikasi LCA. Serdadu Tridatu tampil di Kualifikasi LCA 2020 setelah menjadi juara Shopee Liga 1 2019. Saat itu Shopee Liga 1 masih menempati peringkat ke-11 Zona Timur dan ke-24 di pemeringkatan AFC.

Untuk mendapatkan jatah LCA, sebuah kompetisi minimal harus menempati peringkat ke-12 di zona wilayahnya masing-masing (Barat & Timur). Nah, Shopee Liga 1 2020 tak lagi mendapat jatah tiket LCA 2021 karena cuma menempati peringkat ke-13 Zona Timur.

Adapun jatah LCA Indonesia kini digeser oleh Korea Utara. Wajar saja, wakil Korea Utara di kompetisi AFC yakni April 25 terus tampil istimewa di ajang ajang ini sejak tampil mulai musim 2017.

Bahkan April 25 merupakan finalis Piala AFC 2019 lalu. Sayang mereka takluk 0-1 dari Al-Ahed asal Lebanon.

Tiket LCA hangus, klub Indonesia pun cuma mendapatkan jatah Piala AFC 2021. Juara Shopee Liga 1 2020 yang akan mendapat tampil di Piala AFC tahun depan.

(cas/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com