sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 14 Sep 2020 20:40 WIB

Jelang Lanjutan Shopee Liga 1, Pelatih Persib Kritik Hal Ini

Yudha Maulana - detikSport
Robert Rene Alberts Jelang Lanjutan Shopee Liga 1, Pelatih Persib Kritik Hal Ini (Yudha Maulana/detikSport)
Bandung -

Robert Rene Alberts lagi-lagi mengkritisi soal regulasi yang mengharuskan klub peserta Shopee Liga 1 2020 menempuh jalur darat dalam dalam melakoni laga tandang. Melanjutkan pekan keempat kompetisi pada Oktober dan finis pada Februari, dinilainya kontraproduktif dengan kualitas liga.

Ia melihat waktu latihan pemain berkurang karena klub harus menyediakan slot waktu perjalanan dengan menggunakan bus, baik tandang maupun balik ke kandang.

"Dan liga dimulai Oktober saya rasa itu sempurna, tapi saya tidak mengerti kenapa harus berakhir di Februari. Secara pribadi saya tidak memahami itu. Jika melihat kenyataan di liga yang harus berkendara bolak-balik pulau Jawa dan menghabiskan banyak waktu di bus dan itu akan melelahkan bagi pemain, waktu mereka berlatih juga berkurang," ujar pelatih Persib Bandung tersebut.

Idealnya, ucap Robert, garis akhir kompetisi dimundurkan ke bulan Maret atau April. Dipandangnya, memundurkan akhir liga cukup realistis, untuk meningkatkan kualitas dan level liga ke arah yang lebih baik lagi.

"Dengan menggunakan bus, pemain akan sangat kelelahan. Jadi bukan pertarungan di lapangan, tapi melawan perjalanan. Saya berpikir liga ini menyiksa," tegas pelatih asal Belanda itu.

"Seperti yang sebelumnya sudah saya katakan, tidak ada yang yang meminta saran dari kami orang-orang yang benar-benar bekerja di sepakbola, yang tahu kenyataannya bagaimana harus duduk di bus lalu melakukan persiapan dan melakukan recovery," imbuh Robert Rene Alberts.

Persib sendiri mengambil homebase di Stadion Si Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Pada laga pembukanya nanti, Persib akan langsung melakukan awaydays dengan menghadapi Madura United di Sidoarjo dan Persita Tangerang di Yogya.

Walau begitu, Robert hanya bisa pasrah dengan regulasi yang telah ditetapkan. Ia mencoba memahami situasi sulit yang muncul karena wabah, dan Indonesia yang akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20.

"Dan jangan lupa bahwa seharusnya ada Piala Indonesia, tapi tidak ada satupun yang memikirkan itu. Yang mana itu adalah turnamen yang penting juga. Tapi itu pendapat pribadi saya," pungkasnya.



Simak Video "Intip Latihan Perdana PSM Jelang Shopee Liga 1 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com