sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 17 Sep 2020 10:47 WIB

Shopee Liga 1 2020: PT LIB Tuntaskan Medical Workshop secara Virtual

Muhammad Robbani - detikSport
Logo Liga 1 2020, Logo Liga 1 Shopee Liga 1 2020: PT LIB Tuntaskan Medical Workshop secara Virtual. (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) sudah menuntaskan medical workshop. Ini adalah salah satu rangkaian terakhir pra-kompetisi Shopee Liga 1 2020.

Kegiatan ini diikuti sekitar 220 peserta dari Dokter Tim, Medical Officer klub-klub Liga 1 dan Liga 2, pertandingan, di antaranya Match Commissioner, Local General Coordinator (LGC), Local Media Officer (LMO), hingga Local Security Officer (LSO), Rabu (16/9/2020).

Mengingat protokol kesehatan menjadi komponen terpenting, PT LIB pun juga melibatkan Dinas Kesehatan dari berbagai daerah dan Manajer stadion dalam kesempatan itu. Sayang agenda ini gagal digelar secara tatap muka, sebagai gantinya PT LIB pun melakukan sosialisasi secara virtual.

"Tujuan diadakannya workshop ini tak hanya memberikan informasi mengenai protokol kesehatan, namun juga diharapkan mampu menumbuhkan kembali kesadaran masyarakat," kata Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita dalam rilisnya.

"Sekarang ini, kita harus selalu menjalankan adaptasi kebiasaan baru dalam berbagai aktivitas, di antaranya memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak," ujarnya menambahkan.

Sementara itu, setidaknya ada delapan narasumber dari kalangan medis. Beberapa di antaranya adalah; dr. Bonnie Pahlavie (Dinas Kesehatan DKI Jakarta), dr. Syarif Alwi, dr. Ahmad Nizar Caesarea Noor, dan dr. Alfan Nur Asyhar. Ada juga Bernardus Wisnu Widjaja dari Deputi Bidang Sistem dan Strategi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"kami menyadari, tugas yang akan dibebankan kepada tim medis, akan dua atau tiga kali lebih berat dibandingkan biasanya. Dibutuhkan ketelitian, kedisiplinan dan komitmen yang tinggi bagi seluruh petugas medis di klub dan penyelenggaraan pertandingan," ucap Direktur Operasional PT LIB Sudjarno menimpali.

Protokol kesehatan rancangan PSSI sebenarnya sudah disusun sejak pertengahan Juni lalu, jelang berlanjutnya Shopee Liga 1 2020. Ada lima protokol kesehatan dan keselamatan yang menjadi panduan buat klub dalam menjalankan kegiatan sepakbola di tengah pandemi virus corona.

Lima protokol itu kemudian digabungkan menjadi satu dalam bentuk buku. Idealnya, protokol itu seharusnya langsung disosialisasikan ke klub lewat medical workshop. Karena berbagai alasan, agenda sosialisasi terus molor dan akhirnya baru digelar kemarin.

Dengan tuntasnya medical workshop, kini PT LIB tinggal menggelar Manager's Meeting yang akan menjadi agenda pra-kompetisi terakhir sebelum Shopee Liga 1 2020 dan Liga 2 2020 dilanjut. Rencana awalnya, Manager's Meeting Shopee Liga 1 digelar 18 September, sementara Liga 2 25 September. Mengingat molornya medical workshop, bisa saja agenda terakhir ini juga bakal mengalami perubahan jadwal.

(krs/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com