sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 22 Sep 2020 20:05 WIB

PT LIB: Klub Kalah karena Kehadiran Suporter Masih Dirancang PSSI

Muhammad Robbani - detikSport
Pertandingan Timnas Indonesia dan Malaysia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022 sempat dihentikan sementara. Suporter tuan rumah berulah di tengah pertandingan yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Kamis (5/9/2019). Ilustrasi suporter datang ke stadion (Agung Pambudhy/detikSport)
Jakarta -

Aturan memvonis kalah buat klub Shopee Liga 1 2020 yang pertandingannya dihadiri penonton belum resmi disahkan. PSSI, kini tengah menggodok peraturan tersebut.

Rencana pemberlakukan aturan tersebut diketahui dari ucapan Komisaris Persib Bandung Umuh Muchtar. Ia menjelaskan Persib bisa dijatuhi vonis kalah setelah kedapatan pertandingan mereka dihadiri penonton.

Ia mencontohkan, Persib bisa dinyatakan kalah meski dalam pertandingan mereka memenangi pertandingan. Klub-klub Shopee Liga 1 dikabarkan menyetujui usulan tersebut dalam Manager's Meeting yang digelar PT Liga Indonesia Baru (LIB) di Bandung, Senin (21/9/2020).

Sementara itu, detikSport tak menemukan aturan tersebut dalam regulasi terbaru Shopee Liga 1. PT LIB menyebut pembahasannya saat ini masih berlangsung alias belum disahkan.

"Memang usulan ini baru ada saat meeting kemarin, tapi sudah menjadi catatan PSSI untuk menjadikannya sebagai regulasi," kata Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita kepada detikSport.

"Kami saat ini masih menunggu hasil rapat PSSI," ujarnya saat ditanya kapan aturan tersebut akan disahkan.

Yang menjadi pertanyaan adalah, seperti apa teknis dan mekanisme dalam menjatuhkan vonis buat klub-klub yang melanggarnya. Dari pernyataan Umuh Muchtar, klub yang berpotensi dihukum adalah pihak tuan rumah.

Padahal, bisa saja nantinya malah suporter tim tamu yang justru nekat datang ke stadion. Memang, pelaksanaan pertandingan termasuk mengontrol suporter menjadi tanggung jawab tuan rumah.

"Misal Persib main dengan Malang (Arema FC) atau (Persela) Lamongan. Persib tuan rumah, tapi di luar ada kerumunan, itu nanti ditegur," kata Umuh Muchtar kepada wartawan.

"Dan walau pun kami (Persib) menang, nanti kami dianggap kalah. Misal, Persib menang 2-1, nanti skornya dibalik. Kalau draw, nanti tim dianggap kalah 0-1," ujarnya menambahkan.

Sementara itu, PSSI belum memberikan penjelasan saat detikSport mengonfirmasi ke Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen Yunus Nusi soal rencana pemberlakuan hukuman buat klub yang kecolongan laganya dihadiri penonton.



Simak Video "Intip Latihan Perdana PSM Jelang Shopee Liga 1 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com