Shopee Liga 1 2020: Bisa Ganti Pemain Sampai Lima Kali

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 23 Sep 2020 10:40 WIB
Logo Liga 1 2020, Logo Liga 1
Shopee Liga 1 2020: Bisa Ganti Pemain Sampai Lima Kali. (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Klub Shopee Liga 1 2020 bisa mengganti pemain sampai lima kali di lanjutan kompetisi. Aturan ini diadopsi dari Dewan Asosiasi Sepak Bola Internasional (IFAB).

FIFA pada 8 Mei lalu menyetujui usulan IFAB yang ingin pergantian pemain di sepakbola bisa dilakukan sebanyak lima kali. Aturan ini efektif berlaku mulai 1 Juni lalu dengan tujuan melindungi pemain saat menjalani kompetisi di tengah pandemi COVID-19.

Beberapa kompetisi sepakbola top dunia, misalnya di Premier League atau Liga Inggris, pun ikut mengimplementasikan. Dalam keputusan awal, aturan pergantian lima pemain ini hanya berlaku untuk kompetisi yang maksimal akan selesai pada 31 Desember 2020.

IFAB kemudian memperpanjang dan memutuskan pergantian lima pemain berlaku sampai musim baru 2020/21, dengan catatan kompetisi yang menerapkannya harus selesai maksimal pada 31 Juli 2021. Dengan keputusan ini, kompetisi Shopee Liga 1 2020 dipastikan bisa ikut menerapkannya.

Hal itu diketahui dari regulasi terbaru Shopee Liga 1 2020 sebagaimana tertuang dalam Pasal 10 yang mengatur teknis pertandingan. Adapun lanjutan Shopee Liga 1 akan digelar mulai 1 Oktober dan diharapkan selesai pada 28 Februari 2021.

"Diperbolehkan sebanyak-banyaknya 5 pemain cadangan yang terdaftar dalam Daftar Susunan Pemain (DSP) dapat bermain dalam Pertandingan. Dalam proses pergantian Pemain, wasit cadangan harus menggunakan papan pergantian pemain di mana terdapat nomor di kedua sisinya," tulis Pasal 10 ayat 2 dalam regulasi terbaru Shopee Liga 1 2020.

Pergantian lima pemain di Shopee Liga 1 juga hanya bisa dilakukan dalam tiga kali kesempatan. Pembatasan ini dilakukan agar klub tak memanfaatkannya untuk mengulur-ulur waktu pertandingan.

Jika pergantian dilakukan saat jeda babak pertama, kuota maksimal tiga kali waktu pergantian pemain tak berkurang. Hal itu juga sesuai dengan ketentuan IFAB buat kompetisi yang ingin menerapkan pergantian lima pemain.

"Saat permainan berlangsung (2x45 menit), setiap klub hanya memiliki 3 kali waktu pergantian pemain di mana dalam satu waktu pergantian bisa melakukan maksimal lima pemain, tergantung kepada kuota pergantian pemain yang tersisa," tulis ayat 3 huruf a dalam pasal yang sama.

"Pada masa jeda babak pertama, klub diperbolehkan melakukan pergantian pemain sepanjang masih memiliki kuota pergantian pemain. Pergantian pada masa jeda ini tidak mengurangi jumlah 3 kali pergantian pada saat permainan berlangsung seperti tercantum di Pasal 10 ayat 3 huruf a," bunyi ketentuan Pasal 10 ayat 3 huruf b.

Selain itu, klub Shopee Liga 1 2020 juga kini diizinkan menyertakan 11 pemain utama dan maksimal 10 pemain cadangan dari sebelumnya yang hanya boleh menyertakan maksimal 7 pemain cadangan. Karena kondisi pandemi, pemain juga wajib membuktikan terbebas dari COVID-19.

"Klub menentukan 11 Pemain utama dan 10 Pemain cadangan. Nomor punggung yang digunakan harus sesuai dengan yang tertera di formulir pertandingan. Khusus untuk penjaga gawang dan kapten harus diberikan tanda khusus," begitu bunyi Pasal 20 ayat 2.

"Seluruh pemain yang dimasukkan dalam Formulir Pertandingan wajib melampirkan keterangan hasil tes COVID-19 yang memastikan tidak terjangkit virus COVID-19," tulis Pasal 20 ayat 4.

(krs/pur)