sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 26 Sep 2020 13:30 WIB

Liga 1 2020 Bergulir 1 Oktober, Dibuka PSS Vs Persik

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Logo Liga 1 2019 PSS vs Persik akan membuka lagi Shopee Liga 1 2020 (Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta -

Shopee Liga 1 2020 dipastikan bergulir lagi 1 Oktober. Duel PSS Sleman versus Persik Kediri akan membuka lagi tirai kompetisi yang sempat terhenti.

Setelah terhenti sejak Maret karena pandemi virus corona, kompetisi sepakbola teratas di Indonesia itu akan dihelat lagi 1 Oktober atau berjarak kurang dari sepekan lagi. Saat dihentikan, liga baru berjalan tiga pekan.

Segala persiapan sudah dilakukan, termasuk mengadakan rapat dengan para stakeholder liga, Jumat (25/9/2020) malam WIB kemarin. Alhasil, dari hasil rapat tersebut, diputuskan bahwa duel PSS kontra Persik di Stadion Maguwoharjo, Sleman, jadi pembuka, Kamis (1/10) besok.

Duel ini dijadikan laga pembuka karena dianggap paling siap, terutama kedua tim. Sementara, ada tim seperti Persebaya Surabaya yang belum punya homebase dan beberapa tim lain baru saja memindahkan kandangnya ke venue baru.

"Perubahan itu kami putuskan setelah mempertimbangkan saran dan masukan dari klub terkait padatnya jadwal pertandingan dan perubahan home base beberapa klub. Seperti Persebaya yang belum menentukan home base-nya, Madura United pindah ke Pamekasan, Persipura Jayapura ke Kanjuruhan, dan Bhayangkara FC ke Kelapa Dua, Tangerang. Maka akan sangat berpengaruh terhadap pertandingan pertama dan laga-laga berikutnya," ujar Direktur Utama PT Liga Indonesia Baru (LIB), Akhmad Hadian Lukita, dalam rilis kepada detikSport.

Terkait perubahan jadwal Liga 1 2020 tersebut, Direktur Operasional PT LIB, Sudjarno, sudah menyampaikannya secara resmi kepada 18 klub peserta, lewat surat bernomor 379/LIB-KOM/IX/2020.

"Jadi semua jadwal pada pekan yang sama akan kami tukar. Jadwal pertandingan pada pekan ke-8 ditukar dengan pekan ke-4. PSS versus Persik yang harusnya bertemu pada 22 Oktober, kami majukan ke 1 Oktober. Begitu juga dengan pertandingan-pertandingan yang lain," papar Sudjarno.

Sementara itu, terkait persiapan menjelang laga pekan ke-4, baik PSS maupun Persik sudah melakukan persiapan yang serius. Mereka sudah mengumpulkan semua pemain dan menggelar latihan secara khusus dalam sebulan terakhir.

Persik asuhan Budi Sudarsono malah sudah menggelar uji coba kontra Martapura FC pada 23 September kemarin, yang dimenangi dengan skor 3-0.



Simak Video "Intip Latihan Perdana PSM Jelang Shopee Liga 1 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com