sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 27 Sep 2020 18:35 WIB

Titus Bonai Kabur ke Liga 2, Borneo FC Minta Bantuan APPI

Muhammad Robbani - detikSport
penyerang borneo fc titus bonai Titus Bonai kabur dari Borneo FC. (Foto: Dokumentasi PT. Liga Indonesia Baru
Jakarta -

Titus Bonai secara ilegal cabut dari Borneo FC ke anggota Liga 2 Muba Babel United. Pihak klub ingin Asosiasi Pemain Profesional Indonesia (APPI) turun tangan.

Borneo menyebut Tibo, sapaan Titus Bonai, meninggalkan klub tanpa izin klub. Padahal sang pemain terikat kontrak dengan Borneo.

Tibo sebenarnya memang sempat menyatakan mundur dari skuad Pesut Etam dengan alasan ingin ikut tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Kenyataannya, ia malah diumumkan sebagai pemain baru Muba Babel, belum lama ini.

"Saya sudah mendapat kabar bahwa pelatih Muba Babel United, Bambang Nurdiansyah, secara diam-diam menghubungi Titus Bonai. Entah apa yang mereka bahas saat itu," kata Presiden Borneo Nabil Husein kepada wartawan.

"Tapi ini sebenarnya sudah melanggar profesionalisme. Dan buat saya, pelatih Muba Babel United tidak ada etika jika benar mengajak Titus Bonai tanpa ada pembicaraan antarklub lebih dulu," ujarnya kecewa.

Untuk sementara Borneo mengalah dan merelakan Tibo ke Muba Babel dengan status pinjaman. Namun Nabil berharap masalah seperti ini harus ditindak oleh APPI.

Nabil meminta APPI untuk membantu klub juga ketika pemain berulah dan menyalahi kesepakatan dengan klub. Ia ingin APPI juga berlaku adil kepada klub.

"Kami juga meminta APPI menindak tegas pemain yang seperti ini. Harapan saya APPI bisa tegas dengan pemain yang tidak profesional seperti ini. Jangan hanya klub saja yang diminta profesional ke pemain," tuturnya.

"Sikap dari Titus Bonai itu tidak baik. Soal sikap Borneo FC atas tindakannya, masih dalam pembahasan manajemen. Belum tentu juga kami mau menerima Titus Bonai kembali saat masa peminjamannya habis nanti," ucapnya menegaskan.

(cas/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com