sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 27 Sep 2020 19:35 WIB

Shopee Liga 1 2020: Transfer 21 September-18 Oktober buat Pemain Asing

Muhammad Robbani - detikSport
Logo Liga 1 2020, Logo Liga 1 Shopee Liga 1 2020: Transfer 21 September-18 Oktober buat Pemain Asing. (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Di lanjutan Shopee Liga 1 2020, PSSI membuka bursa transfer mulai 21 September-18 Oktober usai dapat restu FIFA. Tapi periode ini khusus untuk merekrut pemain asing saja.

Pada jadwal semula sesuai kalender Transfer Machine System (TMS), bursa transfer kompetisi sepakbola Indonesia adalah pada 1 Januari-21 Maret (awal musim) dan 20 Juli-19 Agustus (tengah musim). Karena kompetisi ditangguhkan akibat pandemi COVID-19, bursa transfer tengah musim pada 20 Juli-19 Agustus pun tidak terpakai.

Di satu sisi, banyak pemain asing yang mengundurkan diri dengan beberapa alasan. Ada yang tak setuju gaji dipotong 50 persen hingga tak bisa kembali ke Indonesia karena peraturan ketat bepergian antar-negara.

Menjawab kekhawatiran menurun kualitasnya kompetisi karena banyak pemain asing cabut, PSSI pun meminta izin ke FIFA untuk menggeser bursa transfer tengah musim ke 21 September-18 Oktober dari jadwal semula pada 20 Juli-19 Agustus. Yang menjadi soal, PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator kompetisi sebenarnya sudah menetapkan bursa transfer kedua atau tengah musim pada Bulan Desember.

Dalam regulasi terbaru Shopee Liga 1 2020, disebutkan bahwa periode pendaftaran pemain (atau bisa juga disebut sebagai bursa transfer) tengah musim adalah pada 1-23 Desember. Mengenai perbedaan ini, PSSI memberikan penjelasan.

"Yang Desember itu lokal. di situ (merujuk regulasi Shopee Liga 1), ada yang asing, TMS. Yang lainnya untuk lokal," kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI Yunus Nusi kepada wartawan.

"Kalau orang sepakbola, orang klub, pasti langsung paham. Tapi kalau orang yang tak senang, itu menjadi masalah lagi. Kalau klub-klub sudah paham, tak perlu dijelaskan, Mana asing mana lokal mereka sudah paham," ujarnya.

Bisa disimpulkan bahwa periode transfer 21 September-18 Oktober hanya untuk pemain asing. Sementara bursa transfer pemain lokal baru dibuka pada 1-23 Desember. Itu berarti ada perbedaan waktu bursa transfer tengah musim kompetisi bagi pemain asing dan lokal di Shopee Liga 1 2020.

Beberapa klub sudah memanfaatkan bursa transfer pemain asing dengan mendatangkan pemain baru. Salah satunya Madura United yang mendatangkan Bruno Lopes.

Pemain asal Brasil itu sudah pernah merasakan iklim kompetisi sepakbola Indonesia saat memperkuat Persija Jakarta di Liga 1 2017. Meski begitu, Bruno Lopes masuk kriteria pemain asing yang boleh direkrut klub karena tak terdaftar di klub Shopee Liga 1 2020 lainnya pada awal musim.

"Klub hanya boleh merekrut pemain asing baru yang belum pernah terdaftar di klub Liga 1 lainnya pada periode pendaftaran pemain tahap 1 Shopee Liga 1 2020," tulis pasal 24 A ayat 4 dalam regulasi kompetisi terkait kriteria pemain asing yang boleh direkrut klub Shopee Liga 1 2020.

(krs/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com