sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 27 Sep 2020 20:35 WIB

Piala AFF 2020: PSSI Sambut Jadwal Baru, Targetkan Timnas Juara

Muhammad Robbani - detikSport
Logo PSSI Piala AFF 2020: PSSI Sambut Jadwal Baru, Targetkan Timnas Juara. (Foto: Hasan Al Habshy)
Jakarta -

Piala AFF 2020 sudah diputuskan bakal berlangsung pada 11 April-8 Mei 2021. PSSI menyambut keputusan itu dan berharap Timnas Indonesia bersiap demi menjadi juara.

AFF mengumumkan keputusan ini melalui rilis resmi yang diterbitkan pada hari Jumat (25/9/2020). Mereka berharap semua pihak yang terlibat bisa mempersiapkan diri dalam waktu yang relatif panjang.

Hal itu juga yang disambut PSSI. Timnas Indonesia pun bakal punya waktu yang cukup untuk mempersiapkan diri menjadi yang terbaik.

"Dengan ini kami akan menyiapkan tim sebaik mungkin, apalagi kami memberikan target kepada pelatih Shin Tae-yong agar timnas Indonesia bisa juara di turnamen tersebut," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dalam rilis federasi.

"Kami saat ini tinggal menunggu jadwal terbaru untuk sisa pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022, Piala Asia U-19 di Uzbekistan, dan Piala U-16 di Bahrain yang kabarnya akan digelar sekitar awal tahun 2021," ujarnya menambahkan.

Selain telah menetapkan waktu penyelenggaraan, AFF juga berencana menggelar Piala AFF 2020 pada tahun depan dengan tetap menggunakan format sebelumnya. Pada edisi 2018, semua tim kecuali Timor Leste akan memainkan dua laga kandang dan dua laga tandang pada fase grup.

Lalu pada babak penyisihan yakni semifinal dan final juga rencananya juga akan kembali memberlakukan format dua leg kandang-tandang. Namun, belum ada keputusan resmi terkait format turnamen di Piala AFF 2020, melainkan masih sebatas rencana dan harapan saja.

"Kami berharap pemain tetap semangat dan berlatih keras untuk memberikan yang terbaik untuk Timnas Indonesia," ucap Iwan Bule, sapaan Mochamad Iriawan.

Sejak digulirkan dengan nama Piala Tiger pada 1996, Timnas Indonesia belum pernah menjadi juara Piala AFF. Dalam 12 edisi keikutsertaannya, prestasi terbaik Pasukan Garuda adalah menjadi semifinalis alias runner-up sebanyak lima kali.

(krs/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com