sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 30 Sep 2020 17:51 WIB

Shopee Liga 1 Ditunda Lagi, Apa Imbasnya ke Pemain Persela?

Eko Sudjarwo - detikSport
Persela Lamongan Penundaan Liga 1 Pengaruhi Mentalitas Persela Lamongan (Eko Sudjarwo/detikSport)
Lamongan -

Kembali ditundanya Shopee Liga 1 2020 tidak hanya berdampak pada kondisi finansial klub. Tapi juga berpengaruh besar terhadap mentalitas pemain.

Pelatih Persela Lamongan, Nil Maizar mengungkapkan, penundaan kompetisi bisa menurunkan mentalitas pemain. Padahal, kata Nil Maizar, anak asuhnya sedang dalam kondisi siap tempur untuk menjalani laga lanjutan Liga 1 2020 menjamu Persipura Jayapura, yang sedianya berlangsung pada Sabtu (3/10/2020).

"Yang pertama tentu berpengaruh terhadap mental pemain. Pemain semangatnya sudah sampai 100 persen untuk bertanding besok. Sekarang menurun dia," kata Nilmaizar, usai memimpin latihan di Stadion Surajaya Lamongan, Rabu (30/9/2020).

Selain itu, penundaan kompetisi yang terkesan begitu mendadak juga membuat program latihan yang telah disusun sebelumnya menjadi berantakan. "Jadi ini tidak bagus untuk program latihan selanjutnya," tuturnya.

Apalagi hingga saat ini juga belum ada pemberitahuan secara resmi terkait kepastian apakah kompetisi benar-benar ditunda sampai bulan November atau masih berpotensi mundur lagi. Kondisi tersebut membuat ia dan staf pelatih mengalami kendala dalam menyusun program latihan.

"Kita sebagai pelatih juga harus ada plan A, plan B, plan C. Karena kalau tidak ada kepastian tentang kompetisi seperti ini, kalau kita bikin program latihan juga tidak akan maksimal," terangnya.

Persela LamonganPersela Lamongan yang sudah kembali berlatih (Eko Sudjarwo/detikSport)

Situasi tersebut juga membuat Nil Maizar belum bisa memutuskan apakah latihan akan tetap berjalan atau diliburkan. "Saya rasa anak-anak butuh refreshing juga, mungkin 2, 3, 4 atau 5 hari di rumah, sambil menunggu keputusan, atau tetap latihan nanti dalam 2 atau 3 hari ini kita putuskan," ujarnya.

Lebih lanjut Nil Maizar mengungkapkan, pihaknya juga sedang berkoordinasi dengan manajemen untuk menentukan langkah selama Liga 1 ditunda.

"Tadi saya juga konfirmasi ke Pak Yunan (Manajer Persela Lamongan), beliau juga ingin kepastian dari federasi apakah memang ditunda satu bulan ini ada kepastian atau ndak, karena butuh kepastian juga, untuk menentukan segala sesuatunya, finansial dan lainnya," pungkasnya.

(aff/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com