sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 30 Sep 2020 19:17 WIB

Shopee Liga 1 Mulai Musim Baru Saja? PT LIB Respons Begini

Muhammad Robbani - detikSport
Menpora Zainudin Amali (keempat kiri) didampingi Ketua PSSI Mochammad Iriawan (keenam kiri) dan Direktur PT Liga Indonesia Baru (LIB) Cucu Somantri (kedelapan kiri) menyalami pesepak bola Persebaya Surabaya saat pembukaan kompetisi Sepak Bola Liga-1 Indonesia 2020 di Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (29/2/2020). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww. Pembukaan Shopee Liga 1 2020 yang kini belum bisa lanjut lagi. (Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)
Jakarta -

Ada keraguan mengenai kelanjutan Shopee Liga 1 2020 setelah kembali ditunda. Bahkan kini muncul saran agar lebih baik menggelar kompetisi baru musim 2021.

PSSI sejatinya masih berharap Shopee Liga 1 2020 sudah akan bisa lanjut di bulan November, setelah batal bergulir lagi di awal Oktober. Tapi ada yang menilai bahwa hal itu tetap berat, mengingat situasi saat ini dan target kompetisi selesai Februari 2021.

H-1 sebelum pengumuman penundaan kompetisi teranyar, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) selaku operator kompetisi sempat terlibat diskusi dengan para pewarta dalam forum Webinar. Dalam kesempatan itu Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita mengakui tak bisa menjamin kompetisi bisa selesai tepat waktu.

"Di Eropa nggak ada urusan dengan Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) atau lebaran. Di sini kami sudah membuat jadwal, tapi bisa berubah karena hal-hal tadi (Pilkada-lebaran)," kata Akhmad Hadian dalam kesempatan itu.

"Inilah kelebihan kompetisi sepakbola Indonesia dengan kondisi geografisnya yang begitu besar. Ke depan pun (situasinya) akan seperti ini. Saya saat masih di luar (PT LIB) bertanya-tanya, 'kenapa-kenapa?' sekarang saya merasakan langsung (kesulitan menyusun jadwal Liga 1)," ujarnya lagi.

Jika rencana semula saja tak bisa selesai sesuai target, bagaimana nasib kompetisi Shopee Liga 1 2020 jika ditunda lagi sampai ke November. Maka dari itu, kini mulai bermunculan suara-suara agar PSSI dan PT LIB memulai musim baru saja ketimbang melanjutkan musim 2020.

Alasan Polri yang enggan memberikan izin penyelenggaraan sepakbola adalah masih tingginya kasus positif COVID-19 di Tanah Air. Belum tentu angka positif atau situasi pandemi sudah menunjukkan perkembangan pada November mendatang.

"Tentu kami berharap situasi pandemi akan menurun," kata Akhmad Hadian kepada detikSport mengenai rencana restart kompetisi Shopee Liga 1 2020 di bulan November.

Salah satu yang menyuarakan untuk memulai musim baru adalah Rahmad Darmawan. Pelatih Madura United itu sebenarnya tak masalah kompetisi lanjut Bulan November, namun ia menilai memulai kompetisi musim baru lebih realistis.

"Kalau harus kembali ditunda, tetapi pasti (cuma ditunda) 1 bulan akan jalan, itu nggak masalah. Tapi kalau juga belum bisa pasti lebih baik fokus pada musim baru 2021 yang akan dimulai mungkin Februari atau Maret," ujar Rahmad Darmawan kepada wartawan.

PT LIB mengaku sudah mendengar berbagai saran-saran terkait nasib kompetisi. Operator kompetisi belum bisa memutuskan akan mengambil opsi-opsi yang ada.

"Semua masukkan akan menjadi bahan diskusi berbagai pihak. Untuk sementara kami akan melakukan pertemuan internal dulu," tutur Akhmad Hadian, mengenai rencana kelanjutan Shopee Liga 1 2020.

(krs/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com