sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 30 Sep 2020 16:17 WIB

'Lebih Baik Mulai Musim 2021 daripada Lanjutkan Liga 1 2020'

Muhammad Robbani - detikSport
Rahmad Darmawan Latih PS Tira Persikabo

Pelatih kawakan Indonesia Rahmad Darmawan dipercaya oleh tim PS Tira Persikabo untuk menjadi juru taktik, Bogor, Jumat (3/5/2019). Grandyos Zafna/detikcom Rahmad Darmawan, pelatih Madura United, menyarankan kompetisi fokus ke musim baru 2021. (Foto: detikcom/Grandyos Zafna)
Jakarta -

Pelatih Madura United Rahmad Darmawan ragu kompetisi Shopee Liga 1 2020 bisa dilanjutkan November. Ia menyarankan untuk memulai musim kompetisi baru saja.

PSSI telah mengumumkan Shopee Liga 1 tak bisa dilanjutkan sesuai rencana yakni 1 Oktober 2020. Federasi pun berharap penundaan hanya berlangsung satu bulan saja sehingga November sudah bisa digelar lagi.

Namun, Rahmad Darmawan pesimistis dengan rencana tersebut. Ia pun berharap fokus para pihak terkait dialihkan. Dari melanjutkan Shopee Liga 1 dan Liga 2 2020, lebih baik memulai musim baru saja.

"Kalau harus kembali ditunda, tetapi pasti 1 bulan akan jalan, itu nggak masalah," kata Rahmad Darmawan kepada wartawan.

"Tapi kalau juga belum bisa pasti lebih baik fokus pada musim baru 2021 yang akan dimulai mungkin Februari atau Maret," ujarnya menambahkan.

Permintaan Rahmad Darmawan ini memang masuk akal. Semakin lama ditunda, kompetisi bisa molor lebih panjang lagi dengan kondisi baru akan melanjutkan ke pekan keempat.

Rencana semula, kompetisi lanjutan akan berakhir pada 28 Februari 2021. Itu pun sudah dengan pemadatan jadwal dan tanpa rehat kompetisi.

Andai benar kompetisi lanjut November, maka kompetisi diprediksi bisa selesai lebih lama lagi. Di sisi lain, banyak sekali turnamen agenda internasional pada 2021 yang turut melibatkan Timnas Indonesia.

Piala AFF, sisa Kualifikasi Piala Dunia 2022, Piala Asia U-19, Piala Asia U-16 adalah beberapa turnamen internasional yang melibatkan Timnas Indonesia dari berbagai kelompok usia. Dengan kondisi begitu, apa masih realistis Shopee Liga 1 lanjut Bulan November?

(cas/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com