sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 01 Okt 2020 10:35 WIB

Witan Sulaeman Bicara Gaya Main Baru Timnas U-19 ala Shin Tae-yong

Muhammad Robbani - detikSport
Witan Sulaeman Witan Sulaeman bicara gaya main Timnas Indonesia U-19 di bawah asuhan ShinTae-yong. (Foto: Dok. PSSI)
Jakarta -

Witan Sulaeman sudah beradaptasi dengan formasi baru yang kerap diterapkan Shin Tae-yong selama Timnas Indonesia U-19 jalani pemusatan latihan di Kroasia.

Shin Tae-yong gemar memakai pakem 4-4-2 dalam tujuh uji coba Timnas U-19 di Kroasia sepanjang Bulan September. Padahal, Timnas Indonesia kelompok usia lebih sering menggunakan pakem 4-3-3, 4-2-3-1, atau 4-5-1.

Shin Tae-yong berani mengubah konsep itu dan memperkenalkan gaya permainan baru di Timnas U-19. Bagi para pemain, tentu ini menjadi hal baru karena sudah terbiasa dengan formasi 4-3-3 dan segala variannya.

Formasi 4-4-2 terus dipertahankan Shin Tae-yong dalam tujuh laga Timnas U-19 di Kroasia. Memang hampir selalu ada perombakan susunan pemain, namun 4-4-2 selalu menjadi pilihan sang pelatih.

Salah satu pemain Timnas U-19, Witan Sulaeman, mengaku tak masalah dengan hal itu. Ia siap mempelajari hal baru dan mencoba menjalankan apa yang menjadi keinginan pelatih.

"Kalau formasi memang setiap pelatih pasti berbeda-beda. Kami sebagai pemain harus profesional, kami juga harus menyesuaikan diri kepada setiap pelatih," kata Witan dikutip dari PSSI TV.

"Karena tidak mungkin selama bermain bola kami hanya dilatih dengan satu pelatih saja. Jadi sebagai pemain profesional harus bisa menyesuaikan dengan pelatih manapun," ujarnya menambahkan.

Witan adalah salah satu pemain yang sudah akrab dengan 4-3-3 sedari usia muda. Ia adalah merupakan pemain Timnas Indonesia U-16 yang tersisa dari era Indra Sjafri.

Eks pemain PSIM Yogyakarta itu juga pernah menjadi bagian Timnas U-19 era Fakhri Husaini yang juga kerap menggunakan pakem 4-3-3. Model permainan dari Shin Tae-yong bukan masalah dan ia bersyukur bisa mendapat pelajaran baru.

Bagi Witan Sulaeman, itu merupakan modal berharga buat timnya yang akan tampil di Piala Dunia U-20 2021. Tak hanya itu, melawan tim-tim kuat di Kroasia juga disebutnya sebagai pengalaman berharga.

"Di sini (Kroasia) kami mendapatkan banyak menit bermain, dapat pengalaman bertanding, itu sangat berharga sekali untuk karier kita ke depan untuk bagaimana melawan tim-tim Eropa dan untuk persiapan di Piala Dunia U-20 nanti sangat berharga sekali pengalaman di sini," tutur pemain klub Liga Serbia, Radnik Surdulica.



Simak Video "Shin Tae-yong Masih Ingin Utak-atik Taktik Timnas U-19"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/bay)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com