ADVERTISEMENT

Sebelum Diberi Debut, Elkan Baggott Sudah Dipantau Paul Lambert

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 07 Okt 2020 22:50 WIB
Elkan Baggott
Elkan Baggott sudah dipantau oleh Manajer Ipswich Town Paul Lambert sebelum diberi debut. (Foto: dok. PSSI)
Jakarta -

Manajer Ipswich Town Paul Lambert menceritakan awal mula ketertarikannya kepada Elkan Baggott. Pemain Inggris-Indonesia itu baru saja debut di tim utama.

Elkan dimainkan sebagai starter dan berduet bersama Luke Woolfenden di jantung pertahanan Ipswich Town melawan Gillingham. Tak tanggung-tanggung, Elkan tampil full selama 90 menit dalam laga fase grup EFL Trophy 2020/21, Rabu (7/10/2020), WIB.

Paul Lambert mengaku terkesan dengan Elkan saat menyaksikan permainannya bersama Ipswich Town U-23 melawan Millwall U-23 dalam ajang Professional Development League U-23 pada 15 September lalu. Pertandingan itu adalah debut Elkan Baggott bersama Ipswich Town U-23 dalam statusnya sebagai pemain akademi.

Terkesan dengan permainan bek jangkung muda, Paul Lambert pun mengajaknya bergabung ke tim utama. Pemain yang tengah ditunggu-tunggu Timnas Indonesia U-19 itu pun akhirnya debut bersama tim utama Ipswich Town dan penampilannya kembali membuat Paul Lambert kagum.

"Elkan bermain dengan brilian, dia 17 tahun. Saya sudah menyaksikan dia bermain melawan Millwall (U-23) lalu saya membawanya ke gym bersama tim utama," kata Paul Lambert dalam wawancara seusai laga kontra Gillingham.

"Saya melihat dia pemain yang besar, sangat baik mengolah bola. Saya pikir dia luar biasa (kontra Gillingham). Tapi saya tak bisa menunjuk 1 atau 2 pemain (yang terbaik) karena kami adalah tim," ujar eks Pelatih Aston Villa itu.

Sebenarnya bukan cuma Elkan yang diberikan kesempatan debut dalam pertandingan itu. Ada Ross Crane, Zanda Siziba, dan Allan Viral, yang juga berstatus pemain akademi seperti Elkan.

Tak hanya itu, 10 pemain outfield (posisi pemain selain kiper) dalam laga ini juga berstatus pemain akademi. Wajar, EFL Trophy memang kerap digunakan sebagai ajang untuk memberikan kesempatan kepada pemain-pemain muda.

Bisa dibilang EFL Trophy ada turnamen sejenis Piala Liga (EFL/Carabao Cup) namun dengan level yang lebih rendah. Kedua turnamen ini sama-sama dikelola EFL (English Football League).

Jika EFL/Carabao Cup diikuti oleh klub Premier League hingga League Two (kompetisi kasta keempat Inggris), maka EFL Trophy khusus untuk klub-klub dari League One (kompetisi kasta ketiga Inggris), League Two, Akademi (U-21) Premier League serta Championship (kompetisi kasta kedua Inggris).

Sementara itu, Elkan diyakini saat ini tengah menyusul Timnas U-19 ke Kroasia setelah debutnya bersama Ipswich Town. Ia belum lama ini mengunggah foto tengah berada di Bandara Heathrow, London.

Timnas U-19 akan menjalani laga uji coba, Kamis (8/10). NK Dugopolje yang akan menjadi lawan Timnas U-19, duel itu disiarkan Mola TV bisa disaksikan lewat link ini.

(cas/yna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT