ADVERTISEMENT

Shin Tae-yong Terus Cari Skuad Timnas Indonesia U-19 Terkuat

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 08 Okt 2020 18:40 WIB
Timnas Indonesia U-19
Skuad terkuat Timnas Indonesia U-19 masih terus dicari. (Foto: dok.PSSI)
Jakarta -

Pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di Kroasia belum tentu menghasilkan skuad terkuat. Proses Shin Tae-yong untuk mendapatkan tim ideal masih panjang.

Timnas U-19 sudah menjalani program latihan dan uji coba di Kroasia sejak akhir Agustus lalu. Sebanyak 27 pemain dari rencana awal 30 pemain, diberangkatkan ke Kroasia.

Pemain blasteran, Elkan Baggott, baru-baru ini menyusul hingga membuat skuad Timnas U-19 kini berjumlah 28 pemain. Dari tujuh laga uji coba sepanjang Bulan September, beberapa pemain terlihat menjadi favorit Shin Tae-yong selaku Pelatih Timnas U-19.

Namun Shin Tae-yong menegaskan bahwa ia tak mengistimewakan pemain tertentu. Semua ia anggap setara dan punya hak yang sama.

Timnas Indonesia U-19 berlatih di Kroasia.Timnas Indonesia U-19 berlatih di Kroasia. Foto: dok.PSSI

Tak ada istilah pemain utama dan cadangan dalam kamus Shin Tae-yong untuk Timnas U-19. Setiap individu punya kesempatan yang sama untuk dimainkan, asal bisa menunjukkan tekad kuat dan dalam kondisi yang baik.

Hal itu ia tegaskan terkait mulai terciumnya kerangka Timnas U-19. Beberapa pemain punya menit bermain yang lebih dibanding rekan-rekannya. Misalnya, Adi Satrio, Bagas Kaffa, Pratama Arhan Alif Rifai, Rizky Ridho, David Maulana, atau Witan Sulaeman.

Di sisi lain, ada pemain-pemain yang baru mendapat jatah bermain pada pengujung agenda uji coba Timnas U-19 di Kroasia. Pemain keturunan Jack Brown atau Andre Oktaviansyah misalnya yang baru dapat kesempatan bermain pada uji coba keenam melawan Bosnia-Herzegovina pada 25 September lalu.

Masih ada lagi Mohammad Kanu yang baru tampil pada laga terakhir melawan Dinamo Zagreb, 28 September lalu. Kanu pun masih lebih baik dibanding Muhammad Fadhil dan Yofandani Damai Pranata yang belum mencicipi semenit pun diturunkan Shin Tae-yong.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT