Kesabaran Jack Brown di Timnas U-19 yang Mulai Berbuah Manis

Muhammad Robbani - Sepakbola
Senin, 12 Okt 2020 20:35 WIB
Pesepak bola Timnas U-19 Jack Brown mengikuti latihan di Stadion Madya, Kompleks GBK, Jakarta, Kamis (20/8/2020). Timnas U-19 rencananya akan mengikuti pemusatan latihan di Kroasia pada akhir Agustus 2020 untuk persiapan AFC U-19 Championship di Uzbekistan. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari/aww.
Kesabaran Jack Brown di Timnas Indonesia u-19 mulai membuahkan hasil. (Foto: ANTARA Foto/Puspa Perwitasari)
Jakarta -

Kesabaran Jack Brown bersama Timnas Indonesia U-19 akhirnya berbuah manis. Ia sebelumnya berkali-kali gagal kala mencoba peruntungan bersama Garuda Muda.

Teranyar, ia baru saja mencetak dua gol dan membantu Timnas U-19 mengalahkan Makedonia Utara dengan skor 4-1, Minggu (12/10/2020). Yang perlu dicatat, ini adalah penampilan keduanya bersama Timnas U-19 di Kroasia.

"Saya senang, selain itu kami bisa menang 4-1 melawan tim Eropa. Masih ada yang perlu diperbaiki untuk laga selanjutnya," kata Jack Brown dalam wawancara seusai laga yang dirilis di Youtube PSSI.

Pemain berdarah Inggris-Indonesia itu baru pertama kali dimainkan alias debut buat Indonesia kala Timnas U-19 menghadapi Bosnia-Herzegovina, 26 September lalu.

Saat itu kebetulan Pelatih Timnas U-19 Shin Tae-yong sedang merombak skuadnya dan memberikan kesempatan kepada pemain yang belum tampil, salah satunya Jack Brown.

Hasilnya belum memuaskan, Timnas U-19 yang menampilkan para pemain pelapis gagal mengimbangi Bosnia. Shin Tae-yong pun langsung merombak lagi skuadnya dengan menurunkan pemain utama pada babak kedua.

Jack Brown pun salah satu pemain yang ditarik keluar. Sejak saat itu Jack Brown belum mendapatkan kesempatan bermain lagi saat Timnas U-19 menghadapi Dinamo Zagreb dan NK Dugopolje.

Perjuangan pemain Lincoln City U-18 untuk membela Indonesia sudah dimulai jauh, tepatnya sejak 2017 lalu. Saat itu Timnas U-19 asuhan Indra Sjafri menggelar seleksi untuk Piala AFF dan Kualifikasi Piala Asia U-19 2018.

Jack Brown dan saudara kandungnya, George Brown, ikut seleksi namun keduanya gagal menembus skuad final. Kesempatan kedua datang lagi kala Jack menjadi salah satu pemain yang dipanggil seleksi Timnas U-19 pada awal tahun 2020.

Lagi-lagi Jack Brown gagal terpilih, terkendala dengan adaptasi dan cuaca di Indonesia menjadi alasannya. Seiring berjalannya waktu, Jack Brown berhasil tampil oke bersama Lincoln City U-18.

Sampai-sampai ia diberikan kesempatan memperkuat tim senior Lincoln City kala beruji coba dengan Sheffield United pada 18 Februari lalu. Sheffield yang merupakan satu dari 20 klub Liga Inggris, turut menampilkan Phil Jagielka hingga Jack Rodwell di pertandingan yang turut diwarnai penampilan Jack Brown itu.

PSSI dan tim pelatih Timnas Indonesia pun kembali melirik. Akhirnya Jack Brown terpilih masuk ke dalam skuad Timnas U-19 yang berangkat ke Kroasia sejak akhir Agustus lalu.

Namun perjuangan tak berhenti di situ. Ia tak kunjung diberikan kesempatan tampil di Kroasia. Debutnya baru terjadi pada laga uji coba keenam Timnas U-19 di Kroasia saat melawan Bosnia.

Itu pun ia gagal memberikan impresi karena langsung digantikan lagi pada babak kedua. Kesempatan baru datang lagi saat Timnas U-19 jumpa Makedonia Utara.

Jack Brown menggantikan Braif Fatari yang cedera menjelang pertengahan babak pertama. Tak cuma menggantikan Braif Fatari, ia juga dimainkan sebagai striker meski lebih dikenal sebagai gelandang.

Untungnya, hasil eksperimen Shin Tae-yong berbuah manis. Jack Brown mencetak dua gol dan membantu Timnas U-19 mengalahkan Makedonia Utara dengan skor 4-1.

Ia menilai bahwa itu merupakan hasil dari sikap pantang menyerahnya saat kerap tak dilirik untuk tampil. Tak tanggung-tanggung, ia juga langsung mencetak dua gol yang sekaligus menjadi momentum buatnya untuk menunjukkan kemampuan sebenarnya.

"Saya harus tetap semangat, saya kemarin kerja keras di latihan dan percaya proses. Saat mendapatkan kesempatan alhamdulillah saya akhirnya masuk ke pertandingan," tutur Jack Brown.

"Saya mendengarkan dan menjalankan instruksi pelatih saja dan menunjukkan kemampuan saya di lapangan," ucapnya mengakhiri.



Simak Video "El Clasico Malam Ini! Head to Head Barcelona Vs Madrid"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/ran)