sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 13 Okt 2020 20:05 WIB

Klub Shopee Liga 1 Optimistis Diizinkan Tanding November

Jauh Hari Wawan S - detikSport
Logo Liga 1 2019 Klub optimistis dapat izin menggelar Liga 1 2020 bulan depan (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Yogyakarta -

PT LIB, PSSI, dan seluruh klub Liga 1 2020 sepakat melanjutkan kompetisi bulan depan. Klub yakin kali ini pihak kepolisian akan mengizinkan.

Ketiga elemen itu baru saja menggelar rapat luar biasa di Ambarrukmo Hotel, Selasa (13/10/2020) sore WIB, yang menghasilkan kesepakatan bahwa kompetisi Liga 1 dan Liga 2 lanjut 1 November.

Kesepakatan itu tentunya menjadi kabar gembira bagi insan sepak bola Indonesia. Tentu semua elemen masyarakat rindu dengan pertandingan sepak bola yang sudah vakum selama 7 bulan akibat pandemi COVID-19.

Kendati kesepakatan sudah dicapai terkait kickoff kompetisi, nyatanya hingga saat ini izin dari pihak kepolisian masih tanda tanya. Hal ini jadi kekhawatiran mengingat awal bulan ini, kepolisian tidak memberikan izin karena masih fokus penanganan COVID-19.

"Izin dari kepolisian (masih) menunggu. Kalau iya, boleh dilaksanakan, maka 1 November, Liga 1 akan dilanjutkan," ujar GM Borneo FC Firman Achmadi selaku perwakilan 18 klub Liga 1 yang hadir dalam pertemuan di Royal Ambarukmo, Sleman," Selasa (13/10/2020).

Pihaknya pun mengapresiasi langkah Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan yang sejak jauh hari telah melakukan koordiansi dengan pihak kepolisian. Dia optimistis polisi akan memberikan izin untuk liga dilanjutkan.

"Kita perlu apresiasi ketum PSSI bahwa jauh sebelumnya PSSI dengan perangkat telah koordinasi dengan Polri. Sudah dilakukan oleh Ketum. Kita tidak berfikir kemungkinan terburuk. Kita optimis, 18 klub ini optimis (liga dilanjutkan)," tegasnya.

Sementara itu, Ketum PSSI Mochamad Iriawan mengaku akan terus berusaha untuk mendapatkan izin menggelar Shopee Liga 1. Sebab menurutnya, tren penularan COVID-19 sudah menurun terutama di daerah DKI Jakarta dan relatif bisa dikendalikan.

"Kita berharap itu (izin turun), dari awal saya sampaikan, dalam konpres saya memohon pihak pemerintah khususnya kepolisian untuk bisa memberikan izin pada 1 November," kata Iwan Bule usai meminpin extraordinary club meeting.

"Kan kelihatan sekarang COVID-19 sudah menurun. Parameternya Jakarta sudah tidak PSBB dan ini pasti jadi kajian pihak kepolisian," tutupnya.



Simak Video "Intip Latihan Perdana PSM Jelang Shopee Liga 1 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com