sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 30 Okt 2020 18:23 WIB

Pemain Seleksi Garuda Select Mungkin Saja Dipanggil Timnas U-16

Muhammad Robbani - detikSport
Garuda Select Peserta seleksi Garuda Select bisa jadi dipanggil Timnas Indonesia u-16. (Foto: dok.PSSI)
Jakarta -

Program Garuda Select sudah menggelar selection camp. Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti, membuka peluang memanggil pemain yang mencuri perhatiannya.

Di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, seleksi Garuda Select digelar. Sebanyak 130 pemain yang ikut seleksi sudah mulai memulai aktivitasnya sejak 27 Oktober.

Para pemain menjalani rapid dan swab test terlebih dahulu pada 27 dan 28 Oktober. Baru pada hari ketiga yakni, Kamis (29/10/2020), para pemain sudah menggelar seleksi di lapangan.

Duo pelatih Inggris yakni Dennis Wise dan Des Wilker masih dipercaya untuk memantau dan memilih para pemain seleksi. Pelatih Timnas Indonesia U-16 Bima Sakti juga turut menghadiri kegiatan ini bersama Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri.

"Kami mencari pemain-pemain muda dari seluruh Indonesia yang sumbernya dari kompetisi usia muda PSSI dan pantauan kami. Mereka kami seleksi untuk kami bawa ke Inggris mereka harus menampilkan kemampuan terbaiknya di sini," kata Dennis Wise yang juga bertindak sebagai Direktur Sepakbola Garuda Select, dikutip dari rilis PSSI.

"Kami mencari pemain-pemain dengan standar kemampuan tinggi seperti David Maulana, Brylian Aldama, Braif Fatari dan alumni Garuda Select lainnya. Semakin banyak pemain-pemain Indonesia yang bisa merasakan atmosfer berlatih dan bertanding di Eropa, tentu akan semakin baik," ujarnya menambahkan.

"Kami berharap sepak bola di sini semakin meningkat dan tumbuh pemain-pemain muda berbakat untuk tim nasional Indonesia," katanya lagi.

Karena ketiadaan kompetisi, para pemain yang dipanggil kali ini berasal dari Piala Soeratin U-15 dan rekomendasi klub-klub anggota Elite Pro Academy U-16. Pengurangan pemain atau pencoretan dilakukan setiap hari untuk mendapatkan skuad final yang akan berangkat ke Inggris.

Belum diketahui berapa jumlah pemain yang akan dipilih. Namun pada Garuda Select Jilid pertama dan Kedua, pemain yang diberangkatkan berjumlah 24 orang.

"Pada hari terakhir akan didapatkan para pemain yang memenuhi standar untuk melanjutkan program utama Garuda Select yang rencananya akan diberangkatkan ke Inggris," tutur Indra Sjafri.

"Saya melihat ada beberapa yang menarik, kemungkinan saja bisa saya panggil ke timnas U-16. Banyak potensi bagus di seleksi Garuda Select jilid ketiga ini," ujar Bima Sakti.

"Setiap tahun saya melihat ada saja peningkatan serta bibit-bibit baru bermunculan dan saya berharap program ini terus berkelanjutan," ucapnya lagi.

(cas/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com