sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 31 Okt 2020 17:00 WIB

Shopee Liga 1, Satu-satunya Kompetisi di ASEAN yang Tak Lanjut

Muhammad Robbani - detikSport
Logo Liga 1 2020, Logo Liga 1 Shopee Liga 1 2020, jadi satu-satunya kompetisi di ASEAN yang tak lanjut (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Indonesia menjadi satu-satunya negara di Asia Tenggara yang tak melanjutkan kompetisi tahun ini. Padahal kompetisi beberapa negara tetangga sudah selesai.

Indonesia sangat tertinggal dalam mengelola kompetisi di tengah situasi pandemi COVID-19. Sebenarnya, PSSI maupun PT Liga Indonesia Baru (LIB) ingin kompetisi dilanjutkan.

Rencana awalnya, kompetisi Shopee Liga 1 dan Liga 2 2020 dilanjutkan sejak awal Oktober. Sayang, izin Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) yang tak turun membuat PSSI akhirnya memutuskan menunda kompetisi ke tahun 2021.

Tadinya Indonesia tak sendiri. Ada juga Filipina dan Singapura yang kompetisinya tertunda lantaran pandemi virus corona.

Belakangan, Singapore Premier League atau Liga Primer Singapura sudah digelar lagi sejak 17 Oktober. Sedangkan Philippines Football League atau Liga Filipina akhirnya memulai kompetisi pada 28 Oktober.

Bergulirnya kompetisi di Singapura dan Filipina membuat Indonesia menjadi satu-satunya anggota ASEAN yang tak melanjutkan kompetisi tahun ini. Indonesia tak mendapat dukungan terkait niat menggulirkan kompetisi.

Selain Indonesia, sebenarnya ada Timor Leste dan Brunei. Namun Timor Leste sudah menggelar Copa FFTL, meski kompetisi domestiknya belum diketahui apakah akan digelar atau tidak. Setidaknya sudah ada kegiatan sepakbola di sana.

Sedangkan Brunei sudah membuat keputusan tegas. Mereka sudah menetapkan bahwa kompetisi ditiadakan sejak awal tahun setelah merebaknya wabah virus corona.

Buat Indonesia, ketiadaan kompetisi sampai 2021 bakal menimbulkan banyak konsekuensi. Mulai dari perubahan format yang harus menyesuaikan hingga mengejar ketertinggalan waktu agar kompetisi musim 2021 tidak tertunda terlalu jauh.

Jangan lupa juga, Indonesia masih punya jatah bertanding di Piala AFC musim 2021. Pertanyaannya, klub mana yang akan mewakili Indonesia di Piala AFC tahun depan jika kompetisinya baru digelar di tahun 2021?

Anggota AFF yang tidak/belum melanjutkan kompetisi domestik 2020:

1. Indonesia (Tunda)

Anggota AFF yang belum memutuskan dan meniadakan kompetisi domestik 2020:

1. Timor Leste (Baru menjalankan Copa)
2. Brunei (Ditiadakan)

Anggota AFF yang sudah melanjutkan kompetisi:

1. Kamboja
2. Myanmar
3. Laos
4. Malaysia
5. Thailand
6. Vietnam
7. Singapura
8. Filipina



Simak Video "Intip Latihan Perdana PSM Jelang Shopee Liga 1 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com