sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 16 Nov 2020 01:00 WIB

Kemenpora Promosikan Piala Dunia U-20 Lewat Senam Sundul Langit

Muhammad Robbani - detikSport
Zainudin Amali Kemenpora Promosikan Piala Dunia U-20 Lewat Senam Sundul Langit (Foto: rilis Kemenpora)
Jakarta -

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) terus mempromosikan Piala Dunia U-20 2021. Salah satunya dengan melahirkan gerakan Senam Sundul Langit.

Senam Sundul Langit adalah senam yang dikreasikan dengan gerakan-gerakan yang ada di dalam olahraga sepakbola. Misalnya gerakan juggling, menggiring bola, sundulan, gerakan kiper, sampai dengan gerakan selebrasi gol.

Kemenpora memperkenalkan senam Sundul Langit ini melalui kreasi gerakan olahraga sepakbola yang populer di Indonesia. Harapannya agar dapat meningkatkan minat anak-anak muda untuk berolahraga melalui senam Sundul Langit.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, sudah memperkenalkan senam ini lewat workshop yang digelar sejak bulan lalu, tepatnya pada tanggal 7 Oktober 2020 secara virtual. Beliau berharap senam ini dapat membuat anak-anak muda tanah air semakin semangat untuk berolahraga dengan tujuan menjaga kesehatan, kebugaran, dan meningkatkan imunitas tubuh.

"Dengan memupuk minat masyarakat terhadap olahraga, khususnya sepakbola, diharapkan bisa meningkatkan prestasi atlet muda sepakbola sehingga dapat meraih prestasi tertinggi," Kata Zainudin Amali dalam rilisnya.

Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI, Raden Isnanta, ikut menjelaskan tujuan ini. Ia menyebut ide ini diusulkan langsung oleh Zainudin Amali.

Pemerintah ingin semua elemen bisa memberikan dukungan penuh kepada Timnas Indonesia U-20 yang akan berlaga dalam ajang Piala Dunia U-20. Sebagaimana diketahui, Indonesia berstatus sebagai tuan rumah.

"Senam ini semata-mata diciptakan untuk memberikan kemudahan dan semangat bagi generasi muda untuk senam dan bergerak," ucap Raden Isnanta.

"Kemudian dipilih gerakan sepakbola karena olahraga ini salah satu yang populer. Dengan gerakan ini, kita harap anak muda melakukan senam secara rutin," ucapnya menjelaskan.

Terkini, Kemenpora bersama PSSI juga baru saja meninjau Bali yang merupakan salah satu lokasi penyelenggaraan Piala Dunia U-20. Adapun venue yang akan digunakan di Bali adalah Stadion Kapten I Wayan Dipta.



Simak Video "PSSI Sebut 6 Stadion Piala Dunia U-20, di Mana Saja?"
[Gambas:Video 20detik]
(Muhammad Robbani/pur)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com