sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 18 Nov 2020 14:48 WIB

PSSI: Aturan Gaji Pemain di SK Baru Hasil Kesepakatan Bersama

Muhammad Robbani - detikSport
Logo PSSI PSSI: Aturan Gaji Pemain di SK Baru Hasil Kesepakatan Bersama. (Foto: Hasan Al Habshy)
Jakarta -

PSSI menegaskan aturan gaji dalam Surat Keputusan (SK) baru adalah kesepakatan bersama. Pemain Shopee Liga 1 dan Liga 2 kembali cuma digaji maksimal 25 persen.

Pembatasan gaji 25 persen berlaku selama vakum kompetisi tepatnya pada Oktober-Desember 2020. SK bernomor SKEP/69/XI/2020 itu juga membatasi nilai gaji pemain di kisaran 50 persen untuk Shopee Liga 1. Sementara Liga 2 di kisaran 60 persen atau di atas Upah Minimum Regional (UMR).

Aturan gaji maksimal 25 persen serta penetapan kisaran 50 persen serta 60 persen di Liga 2 tak jauh berbeda dengan SK PSSI sebelumnya. SK yang dimaksud adalah SKEP/48/III/2020 dan SKEP/53/VI/2020.

PSSI mendapat banyak protes terkait aturan dalam dua SK sebelumnya. Ternyata di SK terbaru malah tak ada perubahan dalam hal gaji pemain Shopee Liga 1 dan Liga 2. Apa tanggapan PSSI?

"Kami memang diminta oleh klub harus memberikan batasan terhadap hak dan kewajiban antara klub dengan pemain. Karena klub juga sangat kewalahan menghadapi ini dan itu juga hasil rekomendasi dan disetujui oleh FIFA dan AFC," kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI Yunus Nusi kepada wartawan.

Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI Yunus NusiPelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI Yunus Nusi Foto: Muhammad Robbani/detikcom

"Kami harus memberikan batasan supaya klub juga tidak terlalu tergerogoti oleh keinginan-keinginan ambisius dari beberapa pemain khususnya pemain asing. Di sisi lain juga kami melindungi pemain jangan sampai tidak digaji sama sekali saat tak ada liga," ujarnya menambahkan.

PSSI sebenarnya sudah bertemu dengan asosiasi pemain (APPI) dan asosiasi pelatih (APSSI) sebelum mengambil keputusan. APPI dan APSSI sempat keras melakukan protes ke PSSI terhadap batasan gaji yang pernah diatur di dua SK sebelumnya.

Ada kemungkinan APPI dan APSSI meminta batasan gaji yang lebih baik. Tapi ternyata SK terbaru tak ada bedanya dengan yang terdahulu.

"Ini hasil komunikasi PSSI dengan asosiasi pemain, pelatih, dan klub. Ini adalah jalan tengah, memang tidak ada yang terpuaskan tetapi ini jalan tengahnya," tutur Yunus Nusi.

"Dan PSSI dipertanyakan kok sampai masuk ke ranah ini. Kami harus harus melindungi semua pihak, kami harus masuk ke sana karena ini dalam keadaan luar biasa," ucapnya menegaskan perihal gaji pemain Shopee Liga 1 dan Liga 2

(krs/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com