sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 21 Nov 2020 14:47 WIB

Tak Dapat Lisensi AFC, PSM Makassar Komentar Begini

Ibnu Munsir - detikSport
PSM Makassar jalani latihan di bawah arahan asisten pelatih PSM Herrie S di Lapangan Denhanud 474 Paskhas Yogyakarta, Senin (28/9/2020). Ilustrasi sebuah sesi latihan skuad PSM. (Foto: dok. PSM Makassar)
Makassar -

PSM Makassar belum bisa masuk ke dalam jajaran klub Shopee Liga 1 2020 yang berhak mendapatkan lisensi AFC. Lantas apa kata PSM?

"Iktikad baik manajemen PSM Makassar sejak awal dibuktikan dengan berkomitmen mengikuti club licensing tersebut. Bahkan, PSM Makassar menjadi klub pertama yang menuntaskan item-item penilaian club licensing 2020. (Tapi) hasilnya PSM Makassar tidak memenuhi persyaratan," kata Media Officer PSM Makassar, Sulaiman Abdul Karim, Sabtu (21/11/2020).

"Ada item penilaian yang membuat PSM Makassar dinyatakan tidak memenuhi syarat. Patut diketahui, manajemen PSM Makassar sudah memprediksinya sejak awal. Namun sekali lagi, dengan diiringi iktikad yang baik, manajemen tetap mengikuti club licensing tersebut."

"Namun, hal ini tidak perlu diratapi. Tidak lolos club licensing bukan akhir dari segalanya. Justru ini harus menjadi momentum agar ke depan manajemen PSM Makassar dengan didukung seluruh stakeholder sepakbola, bisa kembali tampil di level internasional di masa-masa yang akan datang," tegasnya menjelaskan.

Seperti diberitakan sebelumnya, PSSI menetapkan enam klub mendapatkan lisensi AFC. Mereka adalah Bali United, Persipura Jayapura, Bhayangkara FC, Borneo FC, Persib Bandung, dan Arema FC.

Keputusan diambil PSSI melalui rapat Club Licensing Committee yang dilaksanakan pada hari Kamis (19/11). Lisensi AFC adalah tanda bukti bahwa sebuah klub dijalankan secara profesional sesuai dengan kriteria yang ditetapkan AFC.

Keenam klub itu pula yang berhak untuk mewakili Indonesia di kompetisi AFC tahun 2021. Untuk musim 2021, Indonesia sudah kehilangan jatah bermain di LCA dan hanya akan tampil di Piala AFC.

Sehubungan dengan ajang AFC Cup musim 2021 mendatang, PSM Makassar juga disebut mendukung siapa pun tim asal Indonesia yang akan tampil, sekaligus mendoakan semoga wakil itu bisa meraih prestasi setinggi-tingginya.

(krs/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com