Kata Ketum PSSI, Banyak Pemain Blasteran Minat Gabung Timnas U-19

Muhammad Robbani - Sepakbola
Senin, 23 Nov 2020 16:00 WIB
Pesepak bola Timnas U-19 berlatih di Stadion Madya, Kompleks Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Selasa (17/11/2020). Sebanyak 38 pemain Timnas Indonesia U-19 menjalani pemusatan latihan di Stadion Madya, Jakarta pada 16 hingga 23 November 2020. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.
Ilustrasi pemusatan latihan timnas U-19. (Foto: ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)
Jakarta -

Ketum PSSI Mochamad Iriawan mengungkapkan ada banyak pemain blasteran, atau punya darah keturunan Indonesia, yang minat memperkuat Timnas Indonesia U-19. Mereka ingin tampil di Piala Dunia U-20 2021.

Hal itu ia ungkapkan di hadapan para pemain Timnas U-19 yang sedang berlatih di Jakarta, Sabtu (21/11/2020). Ia ingin para pemain yang sudah dipanggil untuk tidak menyia-nyiakan kesempatan.

"Banyak sekali orang ingin bergabung dengan Indonesia untuk ikut Piala Dunia. Di luar banyak sekali, pemain-pemain keturunan," kata Iriawan di akun pribadinya di Youtube.

"Tapi tetap saya akan melihat kalian. Mungkin sudah ada pilihan Jack Brown dan Elkan Baggott, tapi mereka paspor Indonesia," ujarnya.

Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri dan Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong pernah mengungkapkan ada total sembilan pemain keturunan yang dibidik PSSI. Dua di antaranya yakni Mahessa bersaudara (Kelana Noah Mahessa dan Luah Mahessa) telah dicoba dalam pemusatan latihan Timnas U-19 di Kroasia pada Oktober lalu.

Shin Tae-yong belum puas dengan Mahessa bersaudara karena mereka berdua belum banyak menunjukkan kemampuannya. Ia masih penasaran dengan sang kakak yakni Kelana Mahessa dan mungkin akan dipanggil lagi dalam kesempatan berikutnya.

Selain Mahessa bersaudara, masih ada tujuh pemain keturunan lain yang akan dicoba di Timnas U-19. Indra Sjafri mengindikasi kan mereka mayoritas berasal dari Belanda.

"Banyak dari luar yang ingin masuk, banyak sekali, tapi saya memprioritaskan Anda. Oleh sebab itu saya minta latihan yang maksimal," ucap Iriawan ke pemain-pemain Timnas Indonesia U-19.

(krs/cas)