sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 28 Nov 2020 18:00 WIB

Diminati Klub Korea, Riko Simanjuntak Prioritaskan Persija

Muhammad Robbani - detikSport
Riko Simanjuntak di Persija jakarta saat menghadapi Shan United di SUGBK, Rabu (16/5/2019) Diminati Klub Korea, Riko Simanjuntak Prioritaskan Persija (Rifkianto Nugroho/detikSport)
Jakarta -

Riko Simanjuntak ditawar beberapa klub dari Asia Tenggara hingga Korea Selatan. Tapi, Shopee Liga 1 dan Persija Jakarta masih menjadi prioritas.

Pemain kelahiran 1992 itu juga membenarkan rumor dirinya diminati klub-klub luar negeri. Malahan tawaran resmi sudah menghampiri.

Winger mungil itu menjadi satu dari banyak pemain Indonesia yang diminati klub luar negeri. Kebetulan kompetisi di Indonesia yakni Shopee Liga 1 belum lanjut lagi.

"Kami pemain profesional dan saat ini masih ada kontrak juga di sini (Persija). Tawaran datang dari Korea, Malaysia, Thailand," kata Riko kepada wartawan.

"Hati kecil saya masih mau tetap di Persija, karena kontraknya kan panjang. Tapi sekarang situasi seperti ini. Lihat nanti saja," ujarnya.

Eks pemain Semen Padang sempat memperpanjang kontraknya pada akhir tahun 2019. Saat itu Macan Kemayoran juga memberikan perpanjangan masa bakti 12 pemain lainnya untuk bertahan di klub.

Namun pihak klub tak mengungkap berapa jumlah durasi tambahan masa bakti pemainnya yang kontraknya diperpanjang. Klub peraih gelar terbanyak di Indonesia cuma menyebut mengganjar para pemainnya dengan kontrak jangka panjang.

Minat klub-klub Asia Tenggara kepada pemain Persija dan Indonesia lainnya tak terlepas dari aturan slot pemain ASEAN yang tak dihitung sebagai pemain asing. Korea dan Jepang juga memberlakukan hal yang sama dimana perekrutan pemain Indonesia dan beberapa negara ASEAN lainnya tak mengurangi jatah slot pemain asing.

Direktur Olahraga Persija, Ferry Paulus, juga pernah mengungkapkan beberapa pemainnya diincar klub-klub luar. Beberapa di antaranya yang digosipkan adalah Osvaldo Haay, Rezaldi Hehanussa, Ryuji Utomo, hingga Riko.

"Ada klub luar yang kirim offering. Malah jumlah (pemain yang diincar) lebih dari (rumor) itu. Lebih dari 70 persen pemain Persija kontraknya lebih dari 2 tahun. Jadi opsinya loan (kalau pindah ke luar negeri)," tutur Ferry kepada wartawan pada, Kamis (26/11).

"Persija juga harus realistis terkait (rencana) kick off (Shopee Liga 1) bulan Februari. Klub-klub belum terlalu yakin itu akan kick off atau tidak. Jika kick off tentunya kami akan menahan pemain tersebut," ucapnya.

(aff/rin)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com