sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 29 Nov 2020 13:00 WIB

Jelang Piala Dunia U-20, Menpora Rutin Tinjau Persiapan Stadion

Mercy Raya - detikSport
Menpora Zainudin Amali terus meninjau persiapan stadion untuk Piala Dunia U-20 2021. Menpora Zainudin Amali meninjau persiapan Si Jalak Harupat untuk Piala Dunia U-20 2021. (Foto: dok.Kemenpora)
Jakarta -

Menjelang Piala Dunia U-20 2021 yang berlangsung di Indonesia, Menpora Zainudin Amali rutin meninjau langsung kesiapan dan persiapan stadion.

Kali ini, Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, tujuannya. Ketua Panitia Penyelenggara Piala Dunia U-20 2021 (INAFOC) ini didampingi wakilnya, Iwan Budianto, dan Bupati Bandung, Dadang M. Naser, pada lawatannya Sabtu (28/11).

Usai melihat-lihat, menteri asal Gorontalo itu mengungkapkan hasil pengamatan dan laporan yang diterima.

"Kami lihat beberapa lapangan dalam rangka implementasi Inpres no 3 tahun 2019 tentang pesepakbolaan nasional. Prestasi sepak bola semakin bagus dan maju maka ada hal-hal yang harus dibenahi, termasuk dari situ sarana prasarana," kata Amali dalam rilisnya.

Zainudin Amali juga sadar dengan minat penggemar sepakbola di Bandung Raya bisa menjadi penyemarak Piala Dunia U-20.

"Antusias masyarakat Bandung sangat luar biasa terhadap sepakbola, oleh karenanya pembenahan stadion di Jawa Barat sangat penting dan prioritas," ujarnya.

Wakil Ketua PSSI, Iwan Budianto, mengapresiasi dukungan Menpora kepada cabang sepakbola. Pasalnya, meskipun di tengah pandemi tapi tak menghentikan persiapan Piala Dunia U-20 2021.

"Bayangkan saja, saat belum ada pandemi saja, kita sulit untuk mengimplementasikan (persiapan), sekarang di tengah pandemi ada inovasi ini," kata Iwan

"Hal ini juga tak lepas dari event internasional yang ingin dicapai negeri ini pada 2032 (Olimpiade) nanti. Siapa yang bertanding di sana ya anak-anak seusia sekarang, yang ikut fun jugling," ucap Iwan.

Sementara itu, Bupati Bandung Dadang M. Naser menyebut kesiapan Stadion Si Jalak Harupat ini hampir selesai. Setidaknya masih ada 20 persen dari total yang perlu dibenahi di Stadion Si Jalak Harupat.

"Si Jalak Harupat ini kelengkapannya tinggal menambah lampu dari kapasitas dua ribu menjadi 2500 lux. Kemudian ada treatment lapangan dan sound system yang juga harus kuat, jangan sampai jelek," kata Dadang.

Dadang mengakui dengan dukungan pemerintah pusat dan stakeholder lainnya, pembenahan Stadion Si Jalak Harupat ini akan selesai tepat waktu. Sehingga, Stadion Si Jalak Harupat akan kembali digunakan setelah sebelumnya digunakan di ajang Asian Games.

Selain Si Jalak Harupat, Stadion GBLA, Kota Bandung, dan lapangan Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, juga dibenahi menyambut Piala Dunia U-20 2021.



Simak Video "Piala Dunia U-20 Digelar Tanpa Penonton? Menpora: Lihat Situasi Mei-Juni"
[Gambas:Video 20detik]
(mcy/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com