sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 30 Nov 2020 17:15 WIB

Persija Lolos Lisensi Profesional, Wakili Indonesia di Piala AFC 2021?

Muhammad Robbani - detikSport
Persija Jakarta bertanding melawan Borneo FC di SUGBK Jakarta. Macan Kemayoran menerkam Borneo FC 3-2. Persija Lolos Lisensi Profesional, Wakili Indonesia di Piala AFC 2021? (Rifkianto Nugroho/detikSport)
Jakarta -

Banding Persija Jakarta dikabulkan PSSI dan akhirnya mendapat lisensi klub profesional AFC. Macan Kemayoran pun berpeluang wakili Indonesia di Piala AFC.

PSSI sempat menetapkan enam klub mendapatkan lisensi AFC pada, Kamis (16/11/2020). Enam klub tersebut adalah Bali United, Persipura Jayapura, Bhayangkara FC, Borneo FC, Persib Bandung, dan Arema FC.

Saat itu Persija Jakarta dinyatakan tak memenuhi syarat untuk mendapat lisensi AFC beserta 12 klub Shopee Liga 1 lainnya. Tak setuju dengan keputusan itu, Persija mengajukan banding yang kemudian diterima oleh Club Licensing Committee PSSI.

""Bisa dibilang kegagalan kita di periode pertama lisensi AFC itu merupakan petaka besar. Tetapi itu kami terus mengejar kekurangan kita dengan melengkapinya," kata Direktur Persija Ferry Paulus dalam rilis klub.

"Salah satu yang belum lengkap yaitu Recognition Current Competency (RCC) dari pelatih asing, di mana pelatih Sergio dan asistennya itu memiliki lisensi CBF pro yang belum bisa diakui oleh AFC," ujar Ferry lagi.

"Kini semua sudah lengkap dan semua sudah disetujui kemarin. Dan kita merupakan klub yang ke tujuh lolos dari lisensi AFC," katanya menjelaskan.

Selain mendapat status profesional AFC, lisensi ini juga berfungsi sebagai syarat untuk tampil di kompetisi antar-klub Asia. Klub Indonesia cuma berhak tampil di Piala AFC 2021.

Sementara jatah tampil di Liga Champions Asia sudah hangus karena turunnya peringkat kompetisi Indonesia. Yang menjadi pertanyaan saat ini adalah siapa yang akan mewakili Indonesia di Piala AFC tahun depan?

Apakah banding yang diajukan Persija dilakukan demi bisa tampil di Piala AFC tahun depan? Sayang Persija tak merespons pertanyaan detikSport soal potensi mereka mewakili Indonesia setelah mendapat lisensi AFC.

Masalahnya adalah kompetisi Shopee Liga 1 2020 baru berjalan tiga pekan sementara Piala Indonesia 2020 tak berjalan. Padahal, penentuan wakil di pentas internasional ditentukan dari posisi klub dalam klasemen di kompetisi domestik dan Piala Liga.

Soal ini PSSI harus mencari cara terbaik dan paling adil untuk menunjuk klub yang akan mewakili Indonesia. Sampai saat ini federasi belum menunjuk perwakilan.

"Belum ada keputusan. Nanti akan diputuskan melalui rapat Exco (Komite Eksekutif) PSSI," kata Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI Yunus Nusi kepada detikSport.

(aff/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com