PSSI Angkat Topi, Barito Mau Lepas Gratis Bagus Kahfi

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 02 Des 2020 16:35 WIB
Bagus Kahfi
PSSI Angkat Topi, Barito Mau Melepas Gratis Bagus Kahfi (PSSI)
Jakarta -

PSSI berterima kasih kepada Barito Putera atas kesediaan mereka merelakan Bagus Kahfi ke Belanda. Si Kribo masih berpeluang untuk bergabung ke FC Utrecht.

Bagus dan Barito telah bertemu di kediaman Hasnuryadi Sulaiman selaku CEO klub, Selasa (1/12/2020). Mola TV selaku pemilik program Garuda Select juga sudah menghadap ke Barito.

Ternyata, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan juga ikut hadir dan menengahi masalah ini. Ia mengucapkan terima kasih atas kerelaan Barito melepas pemain andalan Timnas Indonesia U-19 itu.

"Alhamdulillah hari ini (Selasa) saya berada di rumah Hasnuryadi Sulaiman yang notabene sebagai anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI dan pemilik Barito Putera," kata Iriawan dalam rilis PSSI.

"Terima kasih dari PSSI kepada Barito Putera yang sudah membesarkan Bagus selama ini dan membikin klub Eropa tertarik untuk mengambilnya. Kami mendukung Bagus Kahfi berkarier di Eropa," ujarnya.

"Keikhlasan beliau (Hasnuryadi Sulaiman) luar biasa dan saya angkat topi. Ini tentu menjadi tauladan bagi tim yang lain. Untuk Bagus, kami berharap ia terus bersemangat, kerja keras dan selalu bermain maksimal. Dan saat panggilan ke timnas Indonesia ia harus kembali," katanya lagi.

Bagus Kahfi (PSSI)

Sebelumnya Barito sempat tak membalas email dari FC Utrecht pada 27 November. Setelah itu, FC Utrecht menarik minatnya terhadap Bagus karena punya daftar pemain incaran lain untuk mengisi slot pemain asing.

Diduga, Barito keberatan melepas Bagus karena FC Utrecht enggan membayar biaya transfer untuk merekrut Bagus. Di satu sisi, Bagus masih terikat kontrak dengan Laskar Antasari sampai 2021.

Mola TV pun langsung menghubungi FC Utrecht lagi terkait potensi transfer Bagus. Apakah mereka masih berminat dan punya slot pemain asing tersisa untuk diisi Bagus.

"Kami tadi sore (Selasa, 1 Desember) juga sudah ketemu Pak Hasnur (Hasnuryadi Sulaiman, CEO Barito). Kami sepakat untuk berusaha membantu Bagus berkarir ke Eropa," kata perwakilan Mola TV Mirwan Suwarso kepada detikSport.

"Harus tetap sesuai persyaratan yang diajukan Utrecht, bebas tanpa syarat (tanpa membayar transfer) karena gaji minimum pemain non EU (Uni Eropa) jauh lebih besar daripada pemain lainnya," ujarnya menjelaskan.

Sementara Hasnuryadi menyatakan dukungannya buat Bagus berkarier di Eropa. Ia mendoakan yang terbaik untuk saudara kembar Bagas Kaffa itu.

"Tentu kami sangat bangga dan mendukung Bagus Kahfi untuk bergabung di klub Eropa. Mudah-mudahan berkah untuk Bagus, Barito Putera dan tentunya timnas Indonesia," tutur Hasnur.

"Semoga saya bisa membanggakan Indonesia saat bermain di Eropa nanti. Tentu bila ada panggilan timnas, saya akan kembali dan memberikan 100 persen untuk bangsa ini," ucap Bagus menimpali.

FC Utrecht saat ini menempati papan tengah klasemen Liga Belanda. Mereka menempati posisi kesembilan dengan raihan 11 poin dan aksinya di Liga Belanda bisa disaksikan di Mola TV melalui link ini.

(aff/aff)