Ingin Main di Eropa, Pratama Arhan Belajar dari Elkan Baggott

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 09 Des 2020 18:15 WIB
Pratama Arhan Timnas Indonesia U-19
Ingin Main di Eropa, Pratama Arhan Belajar dari Elkan Baggott (dok. PSSI)
Jakarta -

Pratama Arhan punya mimpi bermain di Eropa. Ia bersyukur bisa belajar dan mendapat informasi dari Elkan Baggott, rekannya di Timnas Indonesia U-19.

Pemain asal klub PSIS Semarang itu mencuat namanya dalam Pemusatan Latihan Timnas U-19 di Kroasia. Pelatih Timnas U-19 Shin Tae-yong hampir selalu memasang Arhan sebagai starter.

Selain lihai bermain sebagai bek kiri, ia juga punya kelebihan lain. Lemparan ke dalam menjadi senjata andalan Arhan untuk memberikan assist atau menciptakan peluang buat rekan-rekannya.

Satu tempat di posisi bek kiri Timnas U-19 hampir pasti sudah menjadi milik Pratama Arhan. Namun, ia masih punya mimpi besar.

Bermain di Eropa menjadi angan-angan terbesarnya. Setidaknya sudah ada rekannya yang mewujudkan hal itu yakni Brylian Aldama. Eks Persebaya Surabaya baru-baru ini direkrut klub Kroasia, HNK Rijeka.

"Saya ingin menjadi lebih baik dari sebelumnya. Rencana saya adalah bermain di Eropa. Untuk itu, saya harus bekerja lebih giat lagi, disiplin, tanggung jawab," kata Arhan dikutip dari YouTube PSIS Semarang.

Kehadiran sosok Elkan Baggott di Timnas U-19 menjadi berkah tersendiri buat Arhan. Ia bisa banyak belajar dari rekannya yang berkarier di Inggris bersama klub Ipswich Town itu.

Kebetulan Arhan bisa melihat langsung kemampuan Elkan Baggott dari dekat. Meski berbeda peran, Arhan dan Elkan sama-sama bermain di belakang.

"Dia punya pengalaman bermain di Eropa dan juga melawan tim-tim hebat. Kami juga bisa belajar dari mereka, contohnya dari Elkan. Dia juga pemain belakang dan bermain bagus," tutur Arhan.

"Saya ingin menjadi lebih baik dari yang sebelumnya. Saya juga ingin berkarier di Eropa dan akan berusaha lebih keras lagi, disiplin, dan bertanggung jawab agar bisa menjadi pemain profesional," ucapnya.

(aff/cas)