Kenang Momen Juara 2018, Bepe Sebut Persija Klub Terbaik Indonesia

ADVERTISEMENT

Kenang Momen Juara 2018, Bepe Sebut Persija Klub Terbaik Indonesia

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 09 Des 2020 21:45 WIB
Pesepak bola Persija Jakarta Bambang Pamungkas (tengah) mengangkat kostum miliknya yang dibingkai usai melawan Persebaya Surabaya dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Selasa (17/12/2019). Dalam laga tersebut Bambang Pamungkas mengakhiri karirnya di sepak bola sebagai pemain. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/pras.
Kenang Momen Juara 2018, Bepe Sebut Persija Klub Terbaik Indonesia (M Risyal Hidayat/Antara)
Jakarta -

Bambang Pamungkas mengenang keberhasilan Persija Jakarta menjuarai Liga 1 2018. Torehan itu dinilai Bepe menjadikan Macan Kemayoran klub terbaik di Indonesia.

Momen itu terjadi tepat dua tahun yang lalu, 9 Desember 2018. Persija menang 2-1 atas Mitra Kukar dalam laga pekan terakhir Liga 1 musim itu.

Raihan tiga poin membuat Persija total mengoleksi 62 angka, atau unggul 1 poin atas PSM Makassar di tempat kedua. Dua gol Persija dicetak oleh Marko Simic yang cuma bisa dibalas sebiji gol oleh Mitra Kukar lewat gol Aldino Herdianto.

Bepe, sapaan akrab Bambang Pamungkas turut terlibat dalam pertandingan itu meski cuma di ujung laga. Legenda hidup klub yang kini beralih profesi menjadi manajer Persija itu masuk pada menit ke-88 untuk menggantikan Marko Simic.

Tambahan 1 gelar membuat Persija total 11 kali menjadi yang terbaik di gelaran kompetisi sepakbola nasional. Rinciannya, sembilan kali juara Perserikatan yang merupakan era amatir dan dua kali juara Liga Indonesia musim 2001 dan 2018.

"Sebelas kali juara dan tak pernah sekalipun turun kasta. Terbaik di Indonesia," tulis Bepe di Twitter.




Istimewanya, Persija juga adalah klub yang tak pernah terdegradasi. Mereka selalu bermain di level teratas sejak didirikan pada 1928.

Tapi, bukannya Persija tak pernah terancam turun kasta. Sebagaimana yang terjadi pada Perserikatan tahun 1985.

Si Jampang, julukan Persija pada era itu menjalani salah satu musim terburuknya. Hadi Ismanto cs terpuruk di posisi buncit Wilayah Barat.

Beruntung Persija bisa terselamatkan setelah PSSI mengadakan babak 6 kecil dan play-off promosi degradasi. Sistem itu di kemudian hari mendapat kritik keras karena dianggap untuk menyelamatkan Persija.

Bagaimanapun itu, sejarah tetap mencatat Persija tak pernah terdegradasi. Torehan 11 gelar pun terasa makin lengkap.

Sementara itu, klub dengan torehan terdekat dari Persija dalam hal meraih trofi adalah Persib Bandung. Klub kebanggaan masyarakat Jawa Barat itu meraih tujuh kali gelar juara kompetisi sepakbola Indonesia.



Simak Video "Kasus Dugaan Penelantaran Anak Bambang Pamungkas Naik Penyidikan"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/mrp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT