sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 25 Des 2020 07:32 WIB

PSSI Targetkan Indonesia Jadi Juara Piala Dunia U-20 2023

Adhi Prasetya - detikSport
Ketua Umum PSSI Iwan Bule meninjau Stadion Mandala Krida Ketum PSSI Mochamad Iriawan (kiri). Foto: detikSport/Pradito Rida Pertana
Jakarta -

FIFA telah membatalkan turnamen Piala Dunia U-20 2021. PSSI pun menghormati keputusan tersebut dan mengubah target untuk Timnas Indonesia di tahun 2023.

Kepastian itu diumumkan pada Kamis (24/12/2020) kemarin. Pandemi COVID-19 yang masih berlangsung membuat proses penyelenggaraan kejuaraan menjadi terganggu.

Ajang kualifikasi di masing-masing konfederasi belum dimulai, seperti Piala CONCACAF U-20 dan Piala Asia U-19 yang ditunda hingga tahun depan. Sedangkan Piala Eropa U-19 yang harus digelar tahun ini sudah resmi dibatalkan.

Oleh sebab itu, Piala Dunia U-20 2021 dianggap tak bisa digelar dengan layak dan akhirnya harus dibatalkan. Hal yang sama berlaku untuk Piala Dunia U-17 2021 yang seharusnya dihelat di Peru.

Meski begitu, status tuan rumah kedua negara tak lantas dicabut. Sebagai gantinya, slot tuan rumah bagi Indonesia dan Peru digeser ke tahun 2023.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengapresiasi keputusan FIFA tersebut, meski mengaku proses persiapan turnamen tahun depan sudah dilakukan dengan maksimal.

Dengan adanya pergeseran jadwal turnamen di Indonesia, pria yang akrab disapa Iwan Bule itu berharap Timnas Indonesia bisa mempersiapkan diri lebih baik. Iwan Bule bahkan menargetkan skuad Garuda Muda bisa menjadi juara di tahun 2023.

"PSSI menghormati dan mendukung keputusan FIFA untuk membatalkan Piala Dunia U-20 FIFA pada tahun 2021," kata Iwan Bule, dikutip di situs resmi PSSI.

"Menyusul pembatalan Piala Dunia U-20 FIFA pada 2021, Timnas yang akan kita persiapkan nantinya, dapat memanfaatkan waktu tambahan dan melanjutkan program untuk persiapan Piala Dunia U-20 FIFA pada 2023."

"Saya berharap semoga persiapannya bisa lebih menyeluruh, matang, dan nanti bisa menjadi juara," jelas eks Kapolda Metro Jaya itu.

Dengan adanya pergeseran jadwal turnamen, maka dipastikan akan ada perubahan dalam skuad yang dipersiapkan tampil di Piala Dunia U-20 di tahun 2023 dibandingkan dengan tim besutan Shin Tae-yong saat ini.

Hal itu disebabkan beberapa nama sudah berusia lebih dari 20 tahun pada 2023. Beberapa di antaranya adalah Witan Sulaeman, Bayu Mohamad Fiqri, dan Khairul Imam Zakiri yang lahir di tahun 2001.

Piala Dunia U-20 2021 awalnya akan digelar di enam kota di Indonesia pada 20 Mei-12 Juni 2021. Stadion yang ditunjuk yakni Gelora Bung Karno (Jakarta), Si Jalak Harupat (Kabupaten Bandung), Gelora Bung Tomo (Surabaya), Kapten I Wayan Dipta (Kabupaten Gianyar), Manahan (Solo), dan Gelora Sriwijaya (Palembang).

(adp/bay)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com