Jadwal Uji Coba Timnas U-19 Tergantung Pandemi Virus Corona

Mercy Raya - Sepakbola
Jumat, 08 Jan 2021 14:00 WIB
Pesepak bola Timnas U-19 berlatih di Stadion Madya, Kompleks Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Selasa (17/11/2020). Sebanyak 38 pemain Timnas Indonesia U-19 menjalani pemusatan latihan di Stadion Madya, Jakarta pada 16 hingga 23 November 2020. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.
PSSI menunggu jadwal terbaru uji coba Timnas Indonesia U-19 karena pandemi Corona. (Foto: ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)
Jakarta -

PSSI masih menunggu jadwal uji coba Timnas Indonesia U-19 yang terbaru. Semua tergantung perkembangan pandemi virus Corona di Spanyol.

Selain menjalani pemusatan latihan, skuad Garuda Nusantara direncanakan melakoni beberapa agenda uji coba hingga 31 Januari mendatang. Tiga laga uji coba yang diagendakan batal.

Garuda Muda dijadwalkan berharapan dengan Gimnastic Tarragona, Lleida Esportiu U-19, Sabadell U-19, Ceuta U-19, serta Arab Saudi U-19.

Akan tetapi dari yang sudah dijadwalkan sejak 3 Januari lalu belum ada satu pun yang terlaksana karena situasi pendami virus Corona. Imbasnya, skuad Shin Tae-yong terpaksa harus menunggu kembali ketersediaan dari tim lawan.

"Kami masih menunggu perkembangan untuk laga uji coba. Jadwal uji coba sebenarnya sudah disusun dengan baik, namun situasi pandemi COVID-19 yang sedang tinggi di sini membuat pertandingan harus ditunda," kata Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, dalam laman PSSI.

"Jadi hingga saat ini masih belum dapat beruji coba. Para pemain terus berlatih dengan baik dan selalu bekerja keras," ujarnya.

TC Timnas U-19 di Spanyol sejatinya diperuntukkan persiapan Piala Dunia U-20 2021 tapi kemudian ditunda hingga 2023. Fokus David Maulana dkk kemudian dialihkan ke Piala Asia U-19. Sayangnya, ajang itu juga berpotensi diundur menyusul kabar dari Federasi Sepakbola Yaman yang menyatakan soal pembatalan tersebut imbas wabah COVID-19.

Meskipun begitu, Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan federasi tetap berkomitmen pada pembinaan Timnas U-19. Meskipun Piala Dunia U-20 digeser ke 2023, namun pemain tetap dipersiapkan untuk ajang lain. Salah satunya mereka kelak menjadi cikal bakal Timnas U-23 maupun Timnas senior

"Kami berharap pemain terus bersemangat dan terus bekerja keras. TC Spanyol juga dijadikan ajang untuk menambah pengalaman, skill, fisik serta lainnya," kata Iriawan.

Ia lantas berharap Timnas U-19 dkk tidak jenuh menjalani latihan selama mengikuti pemusatan latihan di Spanyol.

(mcy/cas)