sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 09 Jan 2021 10:10 WIB

PT LIB Akan Kumpulkan Pemilik Klub, Bahas Nasib Shopee Liga 1 2020

Muhammad Robbani - detikSport
Bhayangkara FC vs Persija Jakarta di Shopee Liga 1 2020 menyajikan duel yang seru. Perang bintang itu tanpa pemenang. PT LIB Akan Kumpulkan Pemilik Klub, Bahas Nasib Shopee Liga 1 2020 (Grandyos Zafna/detikSport)
Jakarta -

PT Liga Indonesia Baru (LIB) akan mengumpulkan pemilik klub. Agendanya, mendengar keinginan klub soal kelanjutan atau pembatalan Shopee Liga 1 dan Liga 2 2020.

Hal itu terkait dengan tak kunjung keluarnya izin dari Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) terhadap rencana PSSI dan PT LIB yang ingin melanjutkan kompetisi Shopee Liga 1 dan Liga 2. Padahal kompetisi musim 2020 rencananya akan dilanjutkan awal Februari mendatang.

Ekspektasi awalnya, izin dari kepolisian sudah didapat pada akhir Desember 2020. Dengan begitu, klub-klub punya waktu persiapan sekitar 1 bulan dengan memulai latihan sejak awal Januari 2020.

Tapi, kini Januari sudah hampir lewat lebih dari sepekan dan izin itu belum juga dikantongi. Atas kondisi itu, PT LIB akan memanggil dan mendengar masukan dari klub.

"Akan ada Owner's Meeting Liga 1 dan Liga 2 secara virtual, rencananya tanggal 22 Januari. Liga 1 digelar pagi hari, kemudian Liga 2 pada sore harinya," kata Direktur Utama PT LIB Akhmad Hadian Lukita saat ditemui detikSport di kantornya.

"Kami akan menanyakan ke klub-klub bagaimana kelanjutan Liga 1 dan Liga 2 2020, apakah lanjut atau tidak. Di meeting nanti mudah-mudahan kami akan tahu, apakah paling banyak memilih liga ini lanjut atau tidak," ujarnya menambahkan.

Agenda Owner's Meeting ini akan digelar PT LIB atas permintaan PSSI. Sebagaimana dikabarkan sebelumnya, PSSI akan menggelar rapat Komite Eksekutif (Exco) untuk memutuskan nasib kompetisi.

Rapat Exco PSSI baru akan digelar setelah selesainya Owner's Meeting yang diselenggarakan PT LIB. Adapun agenda rapat Exco PSSI dipastikan mundur dari rencana semula yang sedianya digelar pertengahan Januari.

Harapan PSSI, apa yang akan diputuskan dalam rapat Exco PSSI nantinya sesuai dengan keinginan klub. Karena keinginan klub sudah diketahui dalam pertemuan Owner's Meeting bersama PT LIB.

"Hasil (Owner's Meeting) akan kami akan laporkan ke PSSI, karena pertemuan ini juga kan sebenarnya atas saran PSSI. Kami akan sampaikan ke PSSI, sebagai bahan pertimbangan untuk rapat Exco," ucap Lukita.

(aff/bay)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com