Shin Tae-yong ke Timnas U-19: Tetap Semangat, Karier Masih Panjang!

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 13 Jan 2021 11:25 WIB
Timnas Indonesia menuju SEA Games 2021
Shin Tae-yong ke Timnas U-19: Tetap Semangat, Karier Masih Panjang! (dok. PSSI)
Jakarta -

Shin Tae-yong berpesan ke pemain Timnas Indonesia U-19 untuk tak berputus asa. Itu terkait beberapa situasi tak menguntungkan yang terjadi akhir-akhir ini.

Beberapa agenda Timnas U-19 tak berjalan mulus setelah ditundanya Piala Dunia U-20 2021 ke 2023. Padahal Timnas U-19 sudah menggelar persiapan panjang untuk tampil di ajang itu.

Penundaan itu sekaligus membuat mayoritas skuad Timnas U-19 saat ini sudah tak mungkin tampil di Piala Dunia U-20 2023. Setidaknya cuma ada tiga nama di skuad Timnas U-19 saat ini yang masih berpeluang tampil; Alfriyanto Nico Saputro, Erlangga Setyo, dan Kakang Rudianto.

Terkini, Timnas U-19 pun akhirnya dipulangkan dari Pemusatan Latihan (TC) di Spanyol. Agenda yang sedianya digelar sebagai persiapan Piala Dunia U-20 itu tak berjalan mulus karena situasi pandemi COVID-19 di sana.

Lima agenda uji coba Timnas U-19 selama TC di Spanyol tak satupun yang terlaksana. PSSI akhirnya memulangkan Timnas U-19 ke Indonesia , Rabu (13/1/2021), lebih cepat dari rencana awal yang seharusnya baru pulang pada akhir Januari.

"Tentu bila ada pertandingan uji coba pemain akan semakin berkembang. Kami tidak dapat menjalani uji coba karena kondisi COVID-19 di Spanyol yang tinggi dan berimbas tidak mendapatkan izin untuk uji coba," kata Shin Tae-yong dikutip dari laman federasi.

"Selama tiga pekan di Spanyol, akhirnya kami hanya melakukan dua kali internal game," ujarnya menambahkan.

Sesi latihan Timnas Indonesia U-19 di SpanyolTimnas Indonesia U-19 di Spanyol (Dok. PSSI)

Pelatih asal Korea Selatan membuka kesempatan membawa beberapa pemain Timnas U-19 naik kelas. Ia punya kewenangan itu karena juga bertugas di Timnas U-23 hingga Timnas Senior.

Kesempatan itu terbuka lebar mengingat Shin Tae-yong sudah paham betul dengan Timnas U-19 yang ditanganinya sejak awal Januari 2020. Sudah banyak pemain-pemain Timnas U-19 yang dilihatnya dalam berbagai kesempatan TC di luar negeri.

"Kami harap pemain terus bersemangat, kerja keras serta selalu bermain maksimal. Mereka kariernya masih panjang dan menjadi generasi penerus Timnas Indonesia U-23 maupun senior," ucap Shin Tae-yong berpesan.

Timnas U-19 sebenarnya masih punya satu ajang tersisa, yakni Piala Asia U-19. Tapi gelaran itu diprediksi juga bakal ditunda seperti Piala Dunia U-20.

(aff/cas)